Peran Asam Folat bagi Kehamilan

- 5 April 2021, 20:04 WIB
Ilustrasi makanan yang mengandung asam folat.*
Ilustrasi makanan yang mengandung asam folat.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Ibu hamil harus memperhatikan asupannya sehari-hari. Asupan yang mengandung zat gizi lengkap dan seimbang diperlukan tidak hanya bagi kesehatan ibu, tetapi juga bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Salah satu nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan janin adalah asam folat. Asam folat atau vitamin B9 ini mungkin sudah akrab di telinga. Namun, tahukah Anda apa manfaat nutrisi ini pada proses kehamilan?

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Berdasarkan British Dietetic Association (BDA), asam folat disebutkan sebagai salah satu bahan terpenting yang ikut berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Asam folat juga ikut membantu sintesis dan memperbaiki DNA/RNA.

Baca Juga: PT Pos Finansial Digeledah Atas Kasus Dugaan Korupsi, Kejati Jabar Amankan Sejumlah Barang

Baik DNA maupun RNA, keduanya merupakan asam nukleat yang memiliki peran penting dalam kehidupan makhluk hidup. Keduanya sama pentingnya dengan lemak, protein, ataupun karbohidrat.

Selain itu, upanya asam folat sangat membantu mencegah terjadinya malformasi kongenital dari sistem saraf pusat, seperti otak dan tulang belakang. Dengan demikian, nutrisi ini diharapkan dapat menurunkan risiko kelainan selama masa perkembangan janin di dalam kandungan.

Asam folat dapat diperoleh pada makanan yang umum ditemui sehari-hari, seperti sayuran, buah, dan daging. Beberapa sumber makanan tersebut, antara lain:

- Brokoli
- Asparagus
- Kembang kol
- Kubis
- Kentang
- Bayam
- Kuning telur
- Buah-buahan, misalnya kiwi, pepaya, dan alpukat

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X