Sandiaga Uno Sebut Akan Genjot 55 Juta Kelas Menengah Bangkitkan Pariwisata

- 4 Maret 2021, 20:15 WIB
Foto arsip Sandiaga Uno saat menjalani rangkaian pendaftaran calon wakil Presiden RI. Melalui reshuffle kabinet, 22 Desember 2020, Sandi menjabat Menparekraf.
Foto arsip Sandiaga Uno saat menjalani rangkaian pendaftaran calon wakil Presiden RI. Melalui reshuffle kabinet, 22 Desember 2020, Sandi menjabat Menparekraf. /Antara Foto/Sigid Kurniawan

PIKIRAN RAKYAT - Optimisme kebangkitan sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif makin menguat seiring program vaksinasi covid-19 dan berbagai kebijakan pemerintah terkait sektor pariwisata

Namun, untuk membangun optimisme dunia pariwisiata di tahun kedua Covid-19 membutuhkan kerja sama dari segenap pemangku kepentingan terkait.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, saat ini pihaknya menggenjot kunjungan pariwisata domestik antara lain melalui program Bangga Berwisata di Indonesia (#diindonesiaaja). 

"Ada 55 juta warga Negara Indonesia kelas menengah di Indonesia yang sangat potensial digarap untuk bisa berwisata di dalam negeri," ujar Sandiaga Uno dalam diskusi virtual bertajuk “Membangkitkan Optimisme Industri Pariwista Nusantara,” yang diselenggarakan Forum Wartawan Daerah (Forwada), Kamis 4 Maret 2020.

Baca Juga: Rina Gunawan Masih Bekerja Saat Dirawat di ICU, Teddy Syach: Saya Bersaksi, Dia Menjalankan dengan Baik

Baca Juga: UEA Kirim Hadiah Berupa Masjid untuk Jokowi, Utusan Dubes RI: Biaya Ditanggung Pangeran Abu Dhabi

“Dulu kita fokus mengejar Thailand, Malaysia dengan berjuta-juta wisatawan internasional. Itu saya singkat wising. Saat sekarang wishing itu kita masih berharap terus tapi karena Covid ini kita harus kalibrasi. Tetapi ada wisatawan nusantara yang saya singkat wisdom, ini adalah kearifan, kebijaksanaan kita. Kita punya lebih dari 55 juta warga kelas menangah yang sangat mampu dan ingin berwisata,” ujar Sandiaga Uno.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengungkapkan, untuk mendorong kunjungan wisatawan asing maupun domestik saat ini tidak terlepas dari pademi Covid-19 yang telah memasuki tahun kedua.

Menurut Sandiaga, pihaknya ingin sesegera mungkin memulihkan kembali industri pariwisata, namun sebelumnya harus bisa memastikan bahwa angka penularan Covid-19 ini dalam situasi yang terkendali. 

Baca Juga: Luruskan Pernyataan Jokowi Soal Produk Luar Negeri, Mendag: Saya Minta Tolong, Tidak Perlu Dibesar-besarkan

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X