Tren Baru: Orang Dewasa Pilih Disunat, Hati-hati Komplikasi

- 28 Februari 2021, 11:57 WIB
Ilustrasi medis. /Pexels

PIKIRAN RAKYAT - Daat ini pria dewasa sudah tidak malu-malu lagi mengungkapkan keinginan untuk disunat atau dikhitan. Semakin banyak yang menyadari khitan atau sunat bukan lagi sekedar menjalankan ajaran agama, tetapi juga untuk kesehatan.

Dalam medis, sunat diartikan sebagai tindakan pemotongan kulit yang menutupi kepala alat vital pria. Sebelumnya, sunat pada umumnya dilakukan oleh pria saat usia anak-anak, namun kini banyak orang yang sudah dewasa melakukannya.

Sejumlah public figure ini tidak malu-malu mem-publish dirinya disunat di saat usia dewasa, seperti aktor dan komika Marshel Widianto, Genki Sadamatsu seorang Youtuber dan komedian asal Jepang yang kini menetap di Indonesia, serta Rizky Youtubers.

Marshel membenarkan bahwa dirinya disunat pada usia ke-23. Meski ia bukan beragama Islam, namun disadari sunat penting untuk kesehatan, terutama menjaga kebersihan alat vitalnya.

Baca Juga: Tak Ingin Terjerat Korupsi, Bupati Wonosobo Minta Kritik Wartawan Kalau Memang Menyalahi Aturan

Baca Juga: Nurdin Abdullah Kena OTT KPK, PDI Perjuangan: Kami Syok, Rekam Jejaknya Sangat Baik

Mereka pun menceritatakan pengalaman disunat saat usia dewasa di Youtube channel masing-masing. Mereka menyadari sunat dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan PBB (WHO) karena prosedur ini dapat mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual.

Sebut saja seperti Human papillomavirus (HPV) dan infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Juga dapat mencegah penyakit pada alat vital pria seperti kanker penis.

Genki bercerita di Jepang sunat adalah hal yang lumrah sebagai upaya menjaga kebersihan diri. Itu sebabnya, ia memutuskan disunat.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X