Rumah Sakit Sudah Hampir Penuh, Berikut Panduan Isolasi Mandiri di Rumah

- 25 Februari 2021, 17:00 WIB
ILUSTRASI Isolasi mandiri di Rumah. /DOK. Kredivo

PIKIRAN RAKYAT - Tidak terasa, sudah hampir 1 tahun lamanya Covid-19 melanda Indonesia. Hingga kini, 17 Februari 2021 kasus Covid-19 di Indonesia sudah lebih dari 1 juta orang.

Indonesia menjadi negara nomor 19 dengan jumlah kasus tertinggi di dunia, dengan semakin meningkatnya kasus penularan Covid-19, ketersediaan ruangan di rumah sakit pun semakin menipis.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut juga mengatakan angka keterpakaian tempat tidur di rumah sakit Covid-19 di DKI Jakarta sudah tidak ideal.

Belum lagi ditambah dengan keterbatasan tenaga kesehatan dalam menangani pasien baik pasien Covid-19 atau penyakit lainnya juga menjadi beban masalah lainnya.

Baca Juga: Soal Laut Natuna Utara, Presiden China Xi Jinping Ternyata Sudah Ingkar Janji Berkali-kali

Melihat kondisi rumah sakit yang sudah penuh, teruntuk Anda yang sudah mengalami gejala Covid-19, jangan langsung panik. Tenangkan diri terlebih dahulu, lalu ikuti langkah-langkah berikut untuk isolasi mandiri di rumah.

Tetap di Rumah Saja

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali orang yang positif Covid-19 namun tidak memiliki gejala. Jika Anda berada di posisi seperti ini, cobalah diam terlebih dahulu di rumah dan jangan kemana-mana.

Anda diperbolehkan keluar rumah jika berada dalam keadaan darurat saja, seperti, kalau kondisi tubuh Anda sudah semakin parah dan butuh pertolongan medis.

Menggunakan Kamar Terpisah

Halaman:

Editor: Rahmad Maulana


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X