Menyusui Saat Pandemi Covid-19, Dua Penelitian dari China Berhasil Ungkap Hal Penting

- 25 Desember 2020, 16:38 WIB
Ilustrasi bayi.
Ilustrasi bayi. /Pixabay/RitaE

PIKIRAN RAKYAT – Usai kabar yang tersebar terkait penemuan mutasi baru virus Corona yang telah tersebar di beberapa negara, pastinya bagi Anda para ibu yang masih menyusui bayi mengalami kekhawatiran.

Anda merasa was-was dan mempertanyakan “apakah aman menyusui bayi dalam kondisi seperti saat ini?”

Sejauh ini para ahli berpendapat bahwa menyusui bayi aman dilakukan. Namun, jika Anda memiliki gejala penyakit yang disebabkan jenis baru virus Corona, tentunya situasi tersebut memerlukan beberapa tindakan pencegahan khusus.

Baca Juga: Wagub Sulawesi Selatan Apresiasi Gereja dalam Penuhi Protokol Kesehatan

Hingga saat ini, para peneliti belum menemukan SARS-CoV-2 (jenis baru virus Corona) dalam ASI, meskipun penelitiannya masih terbatas.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com (PR) dari Healthline, dari dua studi kasus yang telah dilakukan, China melaporkan bahwa virus Corona dengan muatan baru tidak ditemukan dalam ASI dari salah satu wanita yang sakit karena Covid-19 di akhir trimester terakhir.

Hasil penelitian menunjukan, kedua wanita tersebut memiliki bayi sehat yang tidak mengalami infeksi virus Corona. Para ibu menghindari kontak kulit dengan bayi mereka yang baru lahir dan mengisolasi diri sampai mereka sembuh.

Baca Juga: Ampuh! 5 Makanan yang Dipercaya Bisa Meredakan Stres, Telur Salah Satunya

Para peneliti mengetahui bahwa SARS-CoV-2 menyebar terutama melalui tetesan kecil di udara ketika orang yang membawa virus bersin, batuk, atau berbicara.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X