Vokalis Burgerkill Ronald Alexander Sebut Ada Campur Tangan Teknologi di Balik Bangkitnya Musik Lokal

- 12 Maret 2023, 08:21 WIB
Vokalis Burgerkill, Ronald Alexander.
Vokalis Burgerkill, Ronald Alexander. /Antara/Ahmad Faishal

PIKIRAN RAKYAT – Vokalis band Burgerkill, Ronald Alexander Radja Haba menyebut bangkitnya industri musik lokal turut dimudahkan karena adanya perkembangan teknologi. Menurutnya, pada masa ini pelaku musik sudah sangat dimanjakan dalam segala hal, terutama alat-alat untuk merekam lagu ataupun promosi yang bisa dilakukan melalui YouTube.

“Industri musik kita riweuh (sibuk), tentunya dalam artian positif ya. Buka YouTube sekarang ini muncul pilihan banyak musik,’ kata Ronald.

Kata dia, pada era digital seperti saat ini para musisi maupun penikmat cukup dimudahkan dalam segala hal.

Ronald menilai, dari sisi pemusik tingkat kompetisi dan persaingan semakin tinggi di era digital dibandingkan dengan zaman analog dua puluh tahun belakang.

Baca Juga: Ekshibisi Seni Digital Burgerkill, Begundal Dapat Melepas Rindu pada Sosok Ebenz

Menurut Ronald, situasi kondisi ini sejatinya sangat memudahkan bagi para seniman musik dalam menciptakan karya-karya yang enak didengar melalui kecanggihan teknologi.

“Saat ini semua sudah serba dimudahkan. Misalnya, alat untuk kebutuhan rekaman musik amat banyak dan bisa dilakukan di rumah. Lalu untuk promosi lagu enggak perlu lagi bergantung lewat radio yang membutuhkan biaya banyak ketimbang di YouTube misalnya,” ujar vokalis berusia 37 tahun itu.

Akan tetapi, lanjut dia, setiap masa memiliki kekurangan dan kelebihannya. Pada era analog dulu Ronald dan kawan-kawan berfokus menikmati satu band dengan mengulik dan mendalami segala hal apapun terkait band tersebut.

“Dulu pilihan (musiknya) terbatas tetapi jadi ngulik banget. Kalau masa sekarang lebih variatif tetapi mungkin tidak mendalami. Semua tergantung sudut pandang,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Elfrida Chania S


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x