Ubud Writers and Reader 2020 Siap Digelar dengan Mengangkat Tema Mulat Sarira: Refleksi Diri

- 6 Maret 2020, 07:17 WIB
Poster Ubud Writers & Readers Festival 2020 (UWRF).* /dok. Press Release UWRF

PIKIRAN RAKYAT - Ubud Writers & Readers Festival 2020 (UWRF) akan kembali diadakan tahun ini. Festival ini akan diselenggarakan pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang. Acara ini merupakan tahun ke-17 setelah pertama kali digelar sejak tahun 2004 silam.

Ubud Writers & Readers Festival sendiri, merupakan proyek tahunan utama dari Yayasan Mudra Swari Saraswati. Festival ini pertama kali dicetuskan oleh Janet DeNeefe sebagai proyek penyembuhan terhadap bom Bali pertama.

Lebih dari 150 penulis, seniman, dan penggiat dari 30 negara akan hadir dalam Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) untuk berbagi kisah luar biasa dan berbagai gagasan menarik yang mengeksplorasi tema tahun ini, Mulat Sarira.

Baca Juga: Jalan M. Hasibuan Kota Bekasi Ditutup Sementara saat Malam Hari karena Proyek Tol, Berikut Rentang Waktu dan Rekayasa Jalan dari Dishub

Seperti festival tahun-tahun sebelumnya, tema ini terinspirasi dari filosofi Hindu Bali. Mulat Sarira, Refleksi Diri, adalah kemampuan untuk merefleksikan diri sendiri dan memahami alasan di balik tindakan-tindakan yang diambil.

loading...

Bagi umat Hindu Bali, Mulat Sarira adalah prinsip spiritual dalam memandang perbuatan, pikiran, dan nilai-nilai yang dilakukan oleh diri sendiri sebelum menilai orang lain.

“Karena egosentrisme terus menyebabkan konflik manusia, dari diskriminasi hingga perang, penyakit, dan genosida.

Baca Juga: POPULER HARI INI: 500 Prajurit TNI Resimen Armed 2/1 Kostrad Purwakarta Dikirim ke Maluku hingga Masyarakat Australia Mulai Berebut Beli Tisu Toilet yang Mulai Langka

“Umat Hindu Bali percaya bahwa mereka harus melihat pilihan dan perilaku mereka sendiri, untuk direnungkan terlebih dahulu sebelum melihat yang dilakukan oleh orang lain,” ujar Pendiri dan Direktur UWRF Janet DeNeefe.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X