Geram Identitas Pengidap Virus Corona Tersebar, Aming: Pelajari Lagi Etika Jurnalistik

- 4 Maret 2020, 17:33 WIB
AMING minta agar media di Indonesia lebih bisa menjaga lagi privasi korban terinfeksi virus corona.* /Instagram/@amingisback

PIKIRAN RAKYAT - Setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona.

Tak lama setelah pengumuman-pengumuman itu, media sosial dipenuhi oleh gambar dan video yang menunjukkan identitas korban terpapar virus corona.

Komedian dan artis Aming pun merasa geram terhadap oknum jurnalis yang menulis pemberitaan terkait identitas korban yang terpapar virus corona di Indonesia.

Baca Juga: Simak dan Ikuti 4 Cara Sederhana dalam Upaya Mencegah Timbulnya Komedo

Informasi detail itu beredar lewat pesan di grup WhatsApp Messenger maupun di laman sosial media lainnya. Dalam pesan itu, tercantum dengan jelas mengenai alamat pasien serta kronologi mereka tertular virus tersebut.

Aming sangat menyayangkan adanya pemberitaan yang mengangkat identitas korban virus corona tersebar luas. Dia juga tak segan untuk mengkritik media yang mempublikasikan nama dan alamat pasien.

"Gue sih kemarin nyentil beberapa oknum saja, sama media juga tolong dipelajarin lagi aja kode etik jurnalistiknya, kalian pasti lebih tahu, lebih pintar, cuman lupa atau apa kan," kata Aming seperti dikutip dari YouTube KH Infotaiment pada 4 Maret 2020.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Peringatkan Oknum yang Berani Main Harga dan Timbun Masker di Tengah Wabah Virus Corona

Komedian Aming khawatir dari adanya pemberitaan ini akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan jika identitas pasien virus corona baru COVID-19 tersebar luas di tengah masyarakat.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X