Senin, 6 April 2020

Mengenal Wayang Tavip, Berbahan Dasar Limbah dan Ditampilkan dengan Sentuhan Teknologi Modern

- 9 Februari 2020, 21:50 WIB
MUHAMAD Tavip memperlihatkan cara pembuatan wayang tavip dalam acara Road to Bandung Wayang Festival di Cihampelas Walk, Kota Bandung, Minggu 9 Februari 2020.* /TITA SALSABILA/PR

PIKIRAN RAKYAT - Wayang tavip merupakan wayang modern berbahan dasar limbah yang pertama kali diciptakan Muhamad Tavip, lelaki berusia 52 tahun.

Kelahirannya bermula pada 1993 dari seni pertunjukan yang mengolaborasikan cahaya dan berbagai lampu berwana.

Muhamad Tavip tertarik menggunakan wayang tavip sebagai bahan tugas akhir untuk meraih gelar S2 pada 2008 lalu di Institut Seni Indonesia.

Saat menyelesaikan tugas akhir, ia tengah mengalami permasalahan ekonomi sehingga memilih menggunakan limbah plastik untuk membuat tugas akhirnya.

Baca Juga: Jangan Buang Kulit Jeruk, Manfaatnya untuk Kesehatan Bisa Atasi Kanker

Baca Juga: Seret Nama Marshanda, Pihak Karen Pooroe Laporkan Arya Satria

MUHAMAD Tavip memperlihatkan cara pembuatan wayang tavip dalam acara Road to Bandung Wayang Festival di Cihampelas Walk, Kota Bandung, Minggu 9 Februari 2020.*
MUHAMAD Tavip memperlihatkan cara pembuatan wayang tavip dalam acara Road to Bandung Wayang Festival di Cihampelas Walk, Kota Bandung, Minggu 9 Februari 2020.*

“Saat saya menyelesaikan tugas akhir, saya sedang tidak punya uang. Saya lihat di tempat pembuangan akhir banyak sekali plastik yang tidak terpakai. Lalu, saya bersihkan dan lihat di cahaya kok bagus,” ujar Muhamad Tavip kepada Pikiran Rakyat.

Ia juga mengaku mengajak anak kecil dalam menyelsaikan tugas akhirnya. Sebanyak 100 murid SD ia kerahkan untuk bermain dan membuat wayang.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X
x