Road to Bandung Wayang Festival, Lestarikan Seni Tradisi Bersama Generasi Milenial

- 7 Februari 2020, 07:03 WIB
PARA penyelenggara Bandung Wayang Festival pada jumpa wartawan di Jalan Anggrek, Kota Bandung, Kamis, 6 Februari 2020.* /WINDY EKA PRAMUDYA/PR

PIKIRAN RAKYAT - Untuk memperkenalkan seni wayang kepada generasi milenial, Bandung Wayang Festival siap digelar Juli 2020 mendatang.

Rangkaian Bandung Wayang Festival dimulai lewat Road To Bandung Wayang Festival yang akan berlangsung 8-9 Februari 2020 di Cihampelas Walk, Jalan Cihampelas, Kota Bandung.

Direktur Bandung Wayang Festival Hermawan Rianto mengungkapkan, tema yang diangkat adalah keragaman.

Baca Juga: Soal WhatsApp Desktop yang Diduga Rawan Diretas, Pihak WhatsApp Indonesia Beri Tanggapan

Menurut Hermawan, keragaman ini terlihat dari latar belakang budaya, agama, serta cerita yang dimainkan.

Selain itu, terdapat juga keanekaragaman visual, filosofi, dan pendekatan baru untuk menyampaikan pesan.

"Lewat kegiatan ini, kami ingin mengenalkan generasi milenial terhadap seni tradisi wayang. Kota Bandung kami pilih sebagai tempat kegiatan karena sebaik-baiknya festival wayang, seharusnya digelar di tempat wayang tertua. Nah, Bandung adalah tempat lahirnya wayang tertua, yaitu wayang golek," tutur Hermawan pada jumpa wartawan Road To Bandung Wayang Festival 2020 di Hanggar Kopi Sunda, Jalan Anggrek, Kota Bandung, Kamis, 6 Februari 2020.

Baca Juga: Perusahaan Multinasional Tencent Diduga Tak Sengaja Mengungkap Angka Korban Jiwa Virus Corona yang Sebenarnya Mencapai 24.589 Orang

Pada Road to Bandung Wayang Festival 2020, ada tiga pertunjukan utama yang disajikan. Pertama, pergelaran Wayang Potehi Rumah Cinwa yang dimainkan mahasiswa Universitas Indonesia.

Menurut Hermawan, target utama Bandung Wayang Festival adalah generasi muda yang dapat menjadi penerima estafet seni wayang. Untuk itulah, Bandung Wayang Festival menggandengan kelompok wayang dari kalangan kampus.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X