Kamis, 28 Mei 2020

Jadi Kontroversi Karena Angkat Isu LGBT, Film Kucumbu Tubuh Indahku yang Menang FFI 2019 Justru Sarat Prestasi

- 10 Desember 2019, 10:49 WIB
Kucumbu Tubuh Indahku yang memenangi Festival Film Indonesia 2019 lekat dengan sederet kontroversi, namun sarat akan prestasi. /Tangkap layar YouTube.com/Fourcoloursfilm

PIKIRAN RAKYAT - Film Kucumbu Tubuh Indahku yang disutradarai oleh sutradara senior Indonesia, Garin Nugroho telah berhasil memborong penghargaan di Festival Film Indonesia 2019.

Film yang terinspirasi dari kehidupan seorang penari Jawa dan koreografi Rianto ini menimbulkan kontroversi di masyarakat, sebagian masyarakat beropini film Kucumbu Tubuh Indahku dinilai mendukung isu mengenai LGBT.

Film ini dikhawatirkan dapat merusak moral bangsa, dan akhirnya diwarnai protes sejumlah organisasi masyarakat di beberapa daerah seperti di Depok, Jawa Barat dan Palembang, Sumatra Barat menghentikan paksa film ini.

Baca Juga: Bawa Senjata, Preman Perusak Bank di Cimahi Melanggar UU Darurat Terancam 10 Tahun Penjara

Bagi Garin, ini adalah Piala Citra pertama untuk dirinya sebagai sutradara setelah 30 tahun berada di industri perfilman indonesia, juga sama halnya seperti Muhammad Khan aktor pendatang baru yang memerankan Juno, protagonis utama pada film Kucumbu Tubuh Indahku ini.

"Saya ingin berbagi penghargaan ini dengan pahlawan saya Shah Rukh Khan (aktor bollywood)," ucap Khan saat menerima penghargaannya sambil menyanyikan lagu yang berjudul "Mere Mehboob Mere Sanam" di atas panggung.

Berikut delapan nominasi penghargaan yang di dapat oleh film Kucumbu Tubuh Indahku di Festival Film Indonesia 2019:

Baca Juga: Dari UU Kehutanan Sampai UU ITE, Sudah 51 Kali Mereka Merasa Dikriminalisasi

1. Piala Citra untuk Pemeran Utama Pria Terbaik - Muhammad Khan

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X