Ide Rayakan 17 Agustus di Rumah ala Psikolog, Eratkan Hubungan Keluarga

- 16 Agustus 2021, 06:33 WIB
Ilustrasi keluarga. Psikolog ungkap dampak positif perayaan HUT ke-76 RI di rumah.
Ilustrasi keluarga. Psikolog ungkap dampak positif perayaan HUT ke-76 RI di rumah. /Pexel

PIKIRAN RAKYAT - Hari Kemerdekaan Indonesia kali ini mungkin sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk sementara'berpisah' dengan budaya-budaya yang telah ada sejak lama seperti perlombaan 17 Agustus.

Kendati demikian, ada banyak cara memeriahkan HUT ke-76 RI tak terkecuali di lingkungan keluarga. Menurut Psikolog lulusan Universitas Indonesia (UI) Ajeng Raviando, perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di rumah memiliki dampak positif bagi keluarga itu sendiri.

Orangtua berkesempatan menanamkan semangat nasionalisme pada anak sejak dini dengan beberapa cara kreatif dan tentunya menyenangkan.

Baca Juga: Hasil Akhir Liga Spanyol Barcelona vs Real Sociedad: Penuh Kejutan, Blaugrana Berbahagia Tanpa Lionel Messi

"Dulu kita merayakannya sama tetangga ya bikin lomba-lomba. Kalau sekarang kan belum bisa kayak gitu, nah adakan saja bikin acara virtual bersama grup keluarga besar. Bikin lomba tebak lagu daerah, atau tebak tokoh pahlawan nasional. Nanti yang menang bisa dapat hadiah," kata Psikolog lulusan Universitas Indonesia (UI) Ajeng Raviando, dikutip dari Antara, Minggu, 15 Agustus 2021.

Menurut Ajeng, peringatan kemerdekaan Indonesia kali ini bisa tersampaikan dengan baik meski situasi tak seperti biasanya.

Dengan begitu, anak-anak tidak lupa dengan makna kemerdekaan ini dan justru menambah ingatan serta rasa nasionalismenya terhadap Tanah Air.

Baca Juga: Presiden Afghanistan Kabur dari Kabul Gegara Invasi Taliban, Fadli Zon Unggah Foto Bersama Ashraf Ghani

Selain lomba, Ajeng menyarankan agar orangtua melibatkan anak dalam persiapan perayaan hari kemerdekaan di rumah seperti dengan memasang Bendera Merah Putih hingga menghias kamar dengan pernak-pernik khas 17 Agustus.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Pedoman Tangerang


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X