Digitalisasi UMKM Realisasikan 2 Agenda Besar, Airlangga: Rp607,5 T untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

- 18 November 2020, 16:58 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dalam Google For Indonesia yang digelar secara daring, Rabu 18 November 2020. /ANTARA/Google4ID

PIKIRAN RAKYAT - Era sekarang ini, digitaliasi sudah tak dapat dihindari. Semua sektor mau tidak mau atau suka tidak suka memang harus mulai beradaptasi terhadap digitalisasi.

Dalam pengaplikasiannya perkembangan teknologi ini menjadi perhatian pemerintah termasuk dalam memajukan bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bahkan digitalisasi UMKM ini menjadi salah satu agenda besar dari pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional Indonesia. Tentunya di tengah pandemi Covid-19 saat ini, UMKM diharapkan menjadi penopang perekonomian dan diyakini bisa membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga: Lirik Lagu Black Mamba - Aespa

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan bahwa digitalisasi UMKM merupakan bentuk realisasi dari dua agenda besar pemerintah RI saat ini, yaitu agenda pemulihan ekonomi nasional dan agenda transformasi digital.

"Oleh karena itu, selain penguatan ekosistem UMKM, pemerintah juga melakukan berbagai upaya untuk memperkuat ekosistem digital, khususnya e-commerce," ujar Menko Airlangga dalam Google For Indonesia yang digelar secara daring, Rabu.

Penguatan ekosistem digital, lanjut Airlangga, didukung melalui sejumlah regulasi, seperti menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Baca Juga: Penyelenggara Nikahan Putri Habib Rizieq Klaim Cuma Sebar Kurang dari 30 Undangan

Ia memaparkan, pemerintah juga mempercepat pembangunan infrastruktur 4G, memperkuat sistem logistik nasional, memperkuat keamanan siber dan pelindungan data terutama data pribadi, dan menciptakan fair playing field, antara lain melalui pengaturan pajak digital.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X