Sekolah Pasar dan UMKM, Cara Baru BRI Tingkatkan Literasi Keuangan Pelaku UMKM

- 29 Oktober 2020, 10:38 WIB
BANK BRI akselerasi layanan keuangan berbasis digital di Indonesia. /DOK. bri.co.id


PIKIRAN RAKYAT
- Sebagai upaya penguatan ekosistem segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Bank BRI terus melakukan inovasi dan terobosan baru dalam kaitannya pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Yang terbaru, BRI meluncurkan program Sekolah Pasar dan UMKM yang bertujuan pendampingan pelaku UMKM untuk mendorong semakin melek akan literasi keuangan sehingga meningkatkan ekonomi dan sosial masyarakat.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menjelaskan bahwa program Sekolah Pasar dan UMKM yang diselenggarakan secara daring diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas pedagang pasar dan UMKM dalam manajemen usaha. “Baik dari legalitas usaha, tempat usaha, kualitas barang dagangan, packaging, payment system, manajemen keuangan, soft skill entreprenur, serta wawasan go digital sehingga mampu memperluas pemasaran usaha melalui media online,” imbuh Supari.

Baca Juga: Suzuki Luncurkan GSX-R150 MotoGP 2020 Edition di Indonesia, Dijual Berapa?

Secara teknis, para tenaga pemasar mikro BRI atau biasa disebut Mantri BRI mendaftarkan para pedagang pasar dan pelaku UMKM yang akan mengikuti kelas virtual tersebut sekaligus melakukan pendampingan secara langsung.

Untuk setiap pertemuan selama 90 menit dan diisi oleh para professional yang ahli dibidangnya.

Dalam program tersebut para pelaku UMKM juga diajarkan cara untuk memanfaatkan platform yang sudah diluncurkan BRI seperti STROBERI dan Pasar.id.

Stroberi merupakan layanan transaksi elektronik terpadu yang dikhususkan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM secara berkesinambungan melalui layanan-layanan transaksi digital yang dapat menjawab berbagai permasalahan administrasi dan finansial di ekosistem UMKM.

Saat ini sudah lebih dari 2.000 user sebagai Billee dan Biller (antara lain: Bumdes, Pelaku UMKM, dan Pengelola Pasar) yang menggunakan Stroberi Tagihan dalam mengelola tagihan usahanya (billing management), serta lebih dari 15.000 user Stroberi Kasir dalam manajemen usahanya khususnya pencatatan transaksi & inventory management.

Baca Juga: Soal Modus Pencopet di Tengah Massa Aksi Demo UU Ciptaker, Polisi: Ini Mahasiswa Gadungan

Halaman:

Editor: Rahmad Maulana


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Portal Bandung Timur

OTT KPK Amankan 17 Orang

27 November 2020, 02:00 WIB
X