Pengusaha Muda BRILian, Sulap Logam Jadi Cuan

- 28 Oktober 2020, 10:04 WIB
PROGRAM Pengusaha Muda BRILian dari Bank BRI. /DOK. Corporate Secretary Bank BRI

PIKIRAN RAKYAT - Dentum palu bertemu logam nyaring terdengar. Sesekali, bunyi itu diselingi bising las. Di kejauhan, terlihat sejumlah orang tengah mengukir di atas bilah tembaga.

Kegiatan tersebut menjadi pandangan yang jamak ditemukan jika kita berkunjung ke Desa Tumang, Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Sebagai daerah sentra kerajinan logam, warga Desa Cepogo banyak yang mengandalkan mata pencahariannya sebagai pengrajin.

Rudi Hermawan, pemuda berusia 29 tahun, merupakan salah satu pengusaha muda yang memberdayakan para pengrajin di Desa Cepogo.

Baca Juga: Peluang Kerja Terbuka Lebar, di Jepang Sangat Dibutuhkan Perawat Lansia

Ia memiliki usaha kerajinan logam yang diwarisi turun temurun dari orangtuanya, bernama “Tumapel Art.” Meski warisan, namun Rudi bisa dikatakan memulai segala pengembangan bisnisnya hampir dari nol, sekitar 11 tahun lalu atau saat usianya masih 18 tahun.

Saat itu, pertengahan 2009, Rudi berkeinginan mengembangkan usaha milik orang tuanya. Melalui berbagai pembenahan yang dilakukannya, Tumapel Art perlahan mulai berkembang. Segala perizinan usaha dibuat. Perluasan jaringan pemasaran juga dilakukan.

Upaya Rudi untuk mengembangkan Tumapel Art sempat terhenti selama 3 tahun, ketika ia harus menyelesaikan kuliah dan bekerja di luar kota.

Halaman:

Editor: Rahmad Maulana


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X