Bisnis Anda Terhantam Covid-19? Jangan Panik! Ini Tips agar Usaha Kecil Bertahan Walau Situasi Sulit

- 17 Oktober 2020, 19:43 WIB
Ilustrasi merancang bisnis, ide usaha. /Pixabay/FirmBee

PIKIRAN RAKYAT - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setengah tahun telah menghantam berbagai sektor bisnis.

Salah satu pengusaha ternama asal Kota Bandung Perry Tristianto menyarankan di tengah pandemi para pebisnis UMKM harus mulai menggunakan semua yang dimiliki dan mengetahui segmen pasar serta cara promosi yang jelas.

"Segmen pasarnya jelas, cara promosinya jelas," kata Perry dalam acara virtual YouTube Pikiran Rakyat yang bertajuk "Bincang Santai 3M: Ngobrol soal Pandemi Bersama Perry Tristianto, Pengusaha Bergelar 'Raja FO'" pada Jumat, 16 Oktober 2020.

Baca Juga: UU Cipta Kerja Terus Mendapat Penolakan, Moeldoko : Diajak Bahagia Susah Amat!

Perry adalah pemilik dari beberapa tempat wisata kenamaan di kota Bandung, yakni De Ranch, Farm House, dan Floating Market. Dia juga memiliki beberapa bisnis di bidang kuliner lainnya.

Perry yang kerap dijuluki 'Raja Factory Outlet' (FO) mengatakan selama Covid-19 dirinya tidak berdiam diri di rumah, setiap hari berkeliling dan mengamati apa yang akan dilakukan.

Perry melihat bisnis yang sedang berjalan dan berkuasa sekarang di masa Covid-19 adalah UMKM terutama di bidang fashion.

Baca Juga: Soal Penangkapan Aktivis KAMI, Politisi PAN: Jangan Buat Citra Polisi Menurun

"UMKM-UMKM kita sangat hebat menurut saya, jadi nantinya ke depan bisnis kecil ini yang menguasai, corporate semua mati, yang kecil ini hidup," katanya.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: entrepreneur


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X