Gerakan Pentahelix Diluncurkan, Moeldoko: Akan Efektif Tekan Laju Covid-19

- 15 Oktober 2020, 13:26 WIB
POTRET Moeldoko. /PMJ NEWS.

PIKIRAN RAKYAT - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko membuka serial kampanye gerakan distribusi dan edukasi penggunaan 5 juta masker medis yang diinisiasi oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan produsen es krim Aice Group  di Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Kolaborasi pentahelix dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang berbasis komunitas dengan menitikberatkan kepada peran dari tokoh di masyarakat, akademisi, dan dukungan swasta yang dikombinasikan dengan komunikasi publik lewat media massa akan mengefektifkan penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Pemerintah meyakini pendekatan Pentahelix yang melibatkan pemangku kepentingan dari lima pilar akan memunculkan gerakan yang alami dan efektif dalam mencegah penularan covid-19 di Indonesia. Kombinasi peran swasta yang dibarengi kearifan lokal dari komunitas dan sinergi dengan GP Ansor ini akan menjadi dorongan perbaikan pengelolaan pandemi ini,” jelas Moeldoko dalam jumpa pers virtual, Rabu 14 Oktober 2020.

 Baca Juga: Toyota Fortuner dan Kijang Innova Baru Resmi Meluncur di Indonesia

Dalam gerakan itu, 20 kabupaten dan kota yang tersebar di Indonesia akan menjadi wilayah sasaran utama kampanye ini. Kegiatan ini akan mengkombinasikan kebijakan pemerintah dengan keterlibatan lima kelompok pemangku kepentingan utama di masyarakat.

Tercatat kasus positif virus corona (Covid-19) hingga Rabu 14 Oktober 2020 bertambah 4.127 kasus sehingga akumulasi sebanyak 344.749 orang.

Selain itu, juga dilaporkan kasus yang sembuh dari Covid-19 pada hari ini tercatat bertambah 4.555 orang. Sehingga total sebanyak 267.851 orang sembuh. Sementara jumlah yang meninggal kembali bertambah 129 orang. Sehingga meninggal menjadi 12.156 orang. Kemudian, sebanyak 154.420 orang menjadi suspek Covid-19.

 Baca Juga: Update Pasien Covid-19 Kota Tasikmalaya 15 Oktober, Akumulasi Kasus Corona 329 Orang, 18 Sembuh

Moeldoko juga menjelaskan bahwa pihaknya akan selalu memantau bagaimana perkembangan positif dari kampanye yang dilakukan tersebut. Menurut dia, Gerakan 3-M, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak, akan terus digalakkan di tengah masyarakat. Hal itu agar mampu menekan laju penularan virus covid-19.

“Kami di KSP akan selalu melakukan pengawasan di perkembangan gerakan 3M. Berbagai langkah untuk debottlenecking masalah di lapangan, evaluasi, maupun penyampaian logistik masker sebagai salah satu infrastruktur penting gerakan, akan kami jalankan. Kami harap kampanye GP Ansor dan Aice Group ini makin memperkuat kolaborasi pentalix kita bersama,” jelas Moeldoko

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X