Peringati Hari Perempuan Sedunia, Tokopedia Bersama Kemenves RI/BKPM Bantu UMKM Punya NIB

- 10 Maret 2023, 13:37 WIB
 Menyambut Hari Perempuan Sedunia 8 Maret 2023, Tokopedia bersama Kemenves RI/BKPM) terus membantu pegiat UMKM, termasuk perempuan, memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online.
Menyambut Hari Perempuan Sedunia 8 Maret 2023, Tokopedia bersama Kemenves RI/BKPM) terus membantu pegiat UMKM, termasuk perempuan, memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online. /Tokopedia


PIKIRAN RAKYAT
- Hari Perempuan Internasional atau International Women Day dirayakan setiap tanggal 8 Maret setiap tahunnya. Dalam peringatan ini, Tokopedia bersama Kementerian Investasi Republik Indonesia (Kemenves RI)/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus membantu pegiat UMKM, termasuk perempuan, memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online.

Kemenves RI/BKPM menyebutkan sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko telah menerbitkan NIB sebanyak 1,8 juta di tahun 2022. Total usaha kecil yang telah memiliki NIB mencapai 8,5%, sedangkan usaha mikro mencapai 91,5% selama 2022.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan pihaknya menjadi perusahaan e-commerce pertama yang berkolaborasi dengan pemerintah untuk memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB terhadap para pelaku UMKM.

"Sepanjang 2022, Tokopedia bersama pemerintah telah membantu lebih dari 5.000 pegiat UMKM, termasuk perempuan pelaku usaha dari seluruh penjuru di Indonesia, mendaftar NIB," ujar Rizky Juanita.

Agar pelaku UMKM mendapat NIB, Tokopedia menyelenggarakan pelatihan khusus kepada pelaku usaha perempuan. Penerbitan NIB ini juga dilakukan Tokopedia bersama para mitra strategis seperti pemerintah di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya melalui Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD).

Baca Juga: Twitter Berhenti Beroperasi di Dark Web, Imbas Pemecatan Karyawan Besar-besaran

“Ke depannya, Tokopedia bersama Kemenves RI/BKPM akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku UMKM, khususnya perempuan, untuk memperoleh NIB. Ini demi memberikan perlindungan hukum serta pendampingan bisnis agar mereka bisa semakin berkontribusi ke perekonomian digital dalam negeri secara adil dan optimal,” ujar Rizky.

Sementara itu, Staf Khusus dan Juru Bicara Kementerian Investasi RI/BKPM, Tina Talisa, mengatakan pihak Kemenves mengapresiasi dukungan dari Tokopedia dalam memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB kepada pelaku UMKM. 

"NIB adalah pintu masuk bagi para pelaku usaha, termasuk perempuan, untuk pengurusan dokumen lanjutan, seperti sertifikasi halal, SPP-IRT, SNI, dan lain sebagainya," ujar Tina.

Tina menjelaskan manfaat lain yang bisa didapatkan perempuan pelaku UMKM setelah memiliki NIB, yaitu lebih mudah mengakses pembiayaan (perbankan) untuk pengembangan usaha, lebih mudah mengakses program bantuan dari pemerintah, memiliki kepastian atau perlindungan hukum terhadap usaha dan masih banyak lagi.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji


Tags

Artikel Pilihan


Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x