Investor Asing Harus Bermitra dengan Pengusaha Lokal, Hipmi Jabar Siapkan Sumber Daya Kompeten

- 22 Juli 2020, 14:33 WIB
Ilustrasi investasi asing. /Pixabay/Capri23auto

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi Jabar, Surya Batara Kartika menyatakan, pihaknya siap mengawal arahan dari Kepala BKPM dan Gubernur Jabar yang mewajibkan investor asing untuk bermitra dengan pengusaha lokal.

"Kami sudah menyiapkan daftar perusahaan dari anggota Hipmi se-Jawa Barat yang siap dilibatkan menjadi mitra lokal dari PT Meiloon. Tentunya, kami juga bertanggung jawab untuk menyediakan mitra pengusaha lokal yang berkompeten dan memiliki daya saing," katanya, Rabu, 22 Juli 2020.

Untuk diketahui Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia pada saat peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan PT Meiloon Technology Indonesia (MTI) di Kabupaten Subang, Selasa 21 Juli 2020, mengungkapkan, Meiloon merupakan salah satu investor yang telah berkomitmen kepada BKPM untuk memprioritaskan tenaga kerja lokal Jabar, khususnya Kabupaten Subang. 

Baca Juga: Preview Inter vs Fiorentina: Optimistis Antonio Conte di tengah Klub Kehabisan Tenaga

Meiloon juga berkomitmen mengoptimalkan semaksimal mungkin pengusaha-pengusaha dari Provinsi Jabar sebagai mitranya. BKPM menyaratkan bahwa setiap investasi yang masuk ke daerah harus menggandeng pengusaha lokal.

Menurut Surya, pihaknya bersama Hipmi Kabupaten Subang juga memberikan apresiasi tertinggi kepada Kepala BKPM, Gubernur Jabar, dan Bupati Subang atas kerja kerasnya memuluskan investasi di Subang serta mengizinkan pihak investor untuk secara paralel mengurus perizinan sambil melaksanakan konstruksi/pembangunan. 

Langkah tersebut, kata dia, merupakan suatu terobosan dan prestasi dari setiap lembaga yang terlibat yang wajib diapresiasi dan dikawal keberjalanannya, agar lebih lancar serta diharapkan menjadi role model dari investasi-investasi selanjutnya, baik di Jabar maupun luar Jabar.

 Baca Juga: Dulu Paling Lantang Menyalahkan, Kini Trump Terang-terangan Ingin Berkolaborasi dengan Tiongkok

"Kami merasa bangga dan sangat bersemangat karena Hipmi secara khusus diundang untuk menghadiri acara dan disebut dalam pidato Pak Gubernur dan Kepala BKPM. Sekarang saatnya pengusaha lokal yang punya peranan," kata Surya.  

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Fix Indonesia

Tuntutan Dunia Kerja Perikanan

29 September 2020, 10:03 WIB
X