Pandemi Covid-19 Bisa Jadi Peluang Industri Pelayaran, Ini Strateginya

- 1 Juli 2020, 10:39 WIB
ILUSTRASI perahu nelayan.* //PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan banyak perusahaan kolaps. Namun, perusahaan pelayaran yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) optimisris meraih peningkatan kinerja di 2020 menyusul dicapainya laba bersih hingga bulan Mei sebesar US$ 4,9 juta. Jumlah laba ini meningkat dua kali lipat dibandingkan kinerja pada periode yang sama di 2019.

"Hingga bulan Mei 2020, SMDR mencatatkan pendapatan US$ 211,7 juta, meningkat 19% dari periode yang sama tahun lalu," kata Dirut SMDR Bani Maulana Mulia saat Rapat Umum Pemegang Saham di Jakarta, Rabu 30 Juni 2020.

Menurut dia, peningkatan kinerja tersebut merupakan hasil dari penerapan strategi komposisi armada perseroan. Pada tahun 2019 yang lalu, SMDR melakukan penjualan beberapa unit kapal yang memiliki produktivitas rendah dan melakukan peremajaan armada kapal baru.

Baca Juga: Jika Pandemi Kian Tak Terkendali, Fauci Wanti-wanti Jumlah Kasus Bisa Lebih dari Dua Kali Lipat

Di tahun 2020, proses peremajaan kapal terus berjalan baik meskipun dalam situasi pandemi. Tercatat 1 unit kapal sudah diterima dan dioperasikan di Kuartal I. Pada Kuartal II, 2 unit  kapal juga sudah berhasil diluncurkan di Jepang dan 1 kapal lagi direncanakan akan diluncurkan di Semester II.

loading...

Sebagai perusahaan pelayaran, logistik dan transportasi, ujar Bani, Samudera Indonesia siap bekerja tangguh dalam berbagai kondisi yang menantang. Kompetensi kerja secara digital dan mobile senantiasa ditingkatkan untuk tetap bekerja dengan produktif dan efektif diikuti dengan peningkatan Standard Operational Procedure (SOP) dan protokol kesehatan.

RUPS memutuskan pembagian dividen dengan Rp8 per saham atau total sebesar Rp26,2 miliar.

Baca Juga: HUT Bhayangkara ke-74, Jokowi: Jajaran Polri Harus Aktif Salurkan Bantuan dan Protokol Kesehatan

Selain itu, RUPS mengangkat Bani Maulana Mulia sebagai Direktur Utama dan Tara Hidayat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia. Sedangkan, Masli Mulia ayah dari Bani Maulana Mulia yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama bergabung ke dalam jajaran Dewan Komisaris.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X