Kembangkan UMKM Indonesia saat COVID-19, Alumni Unpad Gagas Koperasi

- 21 Mei 2020, 11:35 WIB
BANGKITKAN Ekonomi Ditengah Covid, Kemenkop UKM, Dukung Pembentukan Koperasi Yang Digagas Alumni Unpad kembangkan Bisnis UMKM .* /DOK. ISTIMEWA

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mengapresiasi pembentukan Koperasi Produsen Alumni Indonesia yang akan memayungi para pebisnis UMKM di seluruh Indonesia. 

"Untuk membangkitkan ekonomi yang terkena dampak covid, tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah namun juga menjadi tanggungjawab masyarakat,” ujar Christina Agustin, A.PI,MM, Asisten Deputi Organisasi dan Badan Hukum Koperasi Deputi Bidang Kelembagaan, Kementerian Koperasi dan UKM, yang hadir dalam penandatanganan akta pendirian koperasi yang digagas oleh para alumni Universitas Padjajaran, di Jakarta 20 Mei 2020. 

Baca Juga: 124 Kabupaten/Kota di Indonesia akan Dibuka Tanpa Pengetatan Meski di Tengah Pandemi COVID-19

Menurut Christina, Pemerintah akan memberikan support, untuk mendorong semakin banyak tumbuh UMKM yang berkualitas, makin banyak produk yang akan dihasilkan, yang bisa untuk pasar dalam negeri maupun juga mancanegara.

“Sehingga ekonomi kita yang sekarang ini terdampak covid akan semakin cepat untuk pulih. Mengapa karena sektor UMKM ini menjadi pendorong dalam membangkitkan perekonomina nasional. Melalui produk-produk unggulan UMKM di masing-masing daerah yang menopang ekonomi lokal di daerahnya masing-masing” jelasnya.

Baca Juga: Kemenag Jelaskan Alasan Undur Pengumuman Kepastian Haji 1441 H Hingga Juni 2020

Koperasi bisa membantu anggotanya untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas terkait kebutuhan bahan baku, brand,packaging,pemasaran dan networkingnya.

Cikal bakal lahirnya koperasi Produsen Alumni Indonesia, tak bisa dilepaskan dari sosok Dr. Ary Zulfikar, SH, MH yang menjadi inisatornya. Calon Ketua Alumni Universitas Padjajaran ini dalam blusukan sosialisasi, menemukan potensi-potensi UMKM yang dilakukan kalangan alumni.

Baca Juga: Mantan Staf Big Hit Entertainment Bongkar Karakter Asli Member BTS

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X