Erick Thohir Sebut BUMN Diminati di Pasar Global, Tanri Abeng: Tarik Investasi Asing karena Pandemi

- 18 Mei 2020, 12:57 WIB
MANTAN Menteri BUMN Tanri Abeng.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah kondisi perekonomian yang melambat akibat pandemi COVID-19, Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng menyarakan BUMN lebih aktif tarik invetasi dan modal asing (luar negeri).

Pasalnya, BUMN Indonesia menarik untuk dijadikan mitra strategis asing. BUMN miliki tata kelola korporasi jauh lebih baik dibanding swasta.

Baca Juga: Imbas Pandemi COVID-19, Puluhan Warga Meksiko Meninggal akibat Minum Alkohol Oplosan

"BUMN bisa berperan aktif yakni bagaimana bisa menarik modal dari luar masuk ke Indonesia mengingat BUMN sangat menarik untuk dijadikan mitra," ujarnya dalam seminar daring yang digelar LP3ES di Jakarta, Senin 18 Mei 2020.

Menurut Tanri, potensi besar BUMN sangat menarik untuk dijadikan mitra strategis oleh investor luar negeri karena tata kelola korporasinya jauh lebih baik dibandingkan swasta.

Baca Juga: Ingin Pisahkan Diri dari NKRI, Perbatasan Papua Indonesia Rawan Aksi Kelompok Bersenjata

"Hal-hal yang dilakukan seperti obligasi global atau global bond, ini juga akan membantu ketahanan nilai tukar rupiah. Karena dengan dolar yang masuk ke dalam negeri maka rupiah kita akan lebih kuat," katanya.

Secara umum, Tanri melihat krisis ini harus dikelola sebagai krisis. Selain itu, dia juga menilai BUMN memiliki peranan untuk memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi ketahanan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Pakar Hong Kong Lakukan Tes Hamster, Tunjukan Masker Ampuh Tekan Penyebaran COVID-19

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X