Rabu, 27 Mei 2020

Sri Mulyani Dukung Bank Berikan Pinjaman Dana di Tengah Pandemi Virus Corona

- 14 Mei 2020, 17:52 WIB
Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia, mendukung bank untuk memberikan pinjaman dana di tengah pandemi virus corona. //Dok. Instagram @smindrawati

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah terus meningkatkan kemampuan bank untuk memberikan pinjaman.

Perppu Nomor 1 Tahun 2020 secara spesifik telah mengatur bahwa usaha pemulihan ekonomi nasional, pemerintah dapat melakukan Penyertaan Modal Negara (PMN).

Tidak hanya itu, pemerintah pun melakukan penempatan dana atau investasi pemerintah, dan kegiatan penjaminan dengan skema yang ditetapkan oleh negara.

Baca Juga: Mekanisme Perusakan Organ Dalam Manusia oleh Virus Corona, Termasuk Kikis Dinding Saluran Pernapasan

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani, mengatakan sedang berbincang dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Kita sekarang sedang berbicara bagaimana caranya untuk me-revitalize bank untuk memberikan pinjaman tapi jika mereka (bank) masih khawatir pinjamannya akan macet, pemerintah bisa memberikan jaminan," ujar Sri dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam rilis Kemenkeu.

Ia pun menjelaskan, bahwa semua negara yang terserang virus corona melakukan kalibrasi dan rekalibrasi dari kebijakan ekonominya.

Ciri khas semua negara dalam menangani krisis virus COVID-19 ini adalah memperhatikan bidang kesehatan, memperluas jaring pengaman sosial, memberikan kelonggaran pada bidang perpajakan, dan relaksasi dari sisi peraturan perbankan.

Baca Juga: Dari Tepung Terigu hingga Biji Rami Giling, Ini 5 Pengganti Terbaik untuk Tepung Jagung

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: Kementerian Keuangan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X