Sri: THR dan Gaji ke-13 Golongan I-III Aman, Gol IV, Pejabat Negara, dan DPR Masih Dikaji

- 8 April 2020, 07:20 WIB
ILUSTRASI tunjangan hari raya (THR).*/DOK PR /null

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan telah mengalokasikan dana tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 tahun 2020 bagi Pegawai Negeri Sipil. Namun untuk THR dan gaji ke-13 bagi golongan IV dan pejabat negara hingga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih perlu dibahas lebih lanjut.

"Untuk ASN, TNI, dan Polri, terutama kelompok  golongan I, II dan III sudah disediakan," kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa, 7 April 2020.

Sementara anggaran untuk THR dan gaji ke-13 golongan IV dan pejabat negara masih menunggu keputusan dari Presiden Jokowi.

Baca Juga: Sembuh dari COVID-19, Detri Warmanto Beri Tips agar Terhindar dari Virus Corona

“Untuk pejabat negara, nanti bapak presiden akan menetapkan seperti apa, menteri, DPR, dan para pejabat termasuk eselon I dan eselon II. Jadi dalam hal ini kami akan menyampaikan kepada presiden, presiden minta kalkulasinya difinalkan agar nanti diputuskan dalam sidang kabinet dalam minggu-minggu ke depan," kata dia.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan, tengah mengkaji kebijakan THR dan gaji ke-13 PNS. Sebab saat ini APBN 2020 tengah difokuskan  untuk penanggulangan Covid 19.  "Presiden meminta kajian untuk pembayaran THR dan gaji ke-13, apakah perlu dipertimbangkan lagi, mengingat beban negara meningkat," ujar Sri Mulyani.

Rencana pemerintah untuk menghapus tunjangan hari raya (THR) pegawai negeri sipil akan berbahaya, karena semakin menurunkan daya beli masyarakat. Dibandingkan menghapus THR, pemerintah sebaiknya mengalihkan dana dari pos pembangunan infrastruktur atau pembangunan ibu kota baru.

Baca Juga: Diterapkan Jumat 10 April 2020 di Jakarta, PSBB akan Disosialisasikan Dalam 2 Hari

Ekonom Instute For Development Economic and Finance, Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, penghapusan THR pada PNS level bawah akan memukul daya beli. Padahal mereka juga cukup terdampak Covid-19.

Menurut Bhima, pemberian THR merupakan momentum yang ditunggu pada saat lebaran. Dengan adanya THR, PNS dapat menggerakkan ekonomi di daerahnya masing-masing.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

iNSulteng

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Aceh

1 Desember 2020, 02:32 WIB
X