Kamis, 28 Mei 2020

Pandemi Covid-19, Trafik Komunikasi Berbasis Broadband Telkomsel Melonjak 16 Persen

- 7 April 2020, 13:22 WIB
ILUSTRASI sarana internet.* /DOK PR

PIKIRAN RAKYAT - Memasuki pekan keempat imbauan aktifitas belajar dan bekerja dari rumahTelkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi, khususnya layanan broadband tertinggi mencapai 16%.

Lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband secara keseluruhan tersebut didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring (e-learning) seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom.

Demikian diungkapkan Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, melalui siaran pera yang diterima Pikiran-Rakyat.com Selasa, 7 April 2020.

Baca Juga: Cara Kapten Persib Supardi Nasir Jaga Motivasi di Tengah Penghentian Kompetisi

Ia mengatakan, lonjakan trafik untuk aplikasi belajar berbasis daring mencapai lebih dari 5404%

"Tingginya lonjakan trafik e-learning juga didorong pertambahan pelanggan, yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB yang dihadirkan Telkomsel untuk mengakses Ruang Guru dan Paket Ilmupedia," katanya.

Selain e-learning, menurut dia, juga terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang bekerja/meeting conference secara daring, seperti Zoom, Microsoft Teams, dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443%. 

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Sangat Bergantung pada Keberhasilan Pencegahan Covid-19

Jumlah perusahaan pengguna aplikasi CloudX yang diluncurkan Telkomsel sejak Januari 2020 juga melonjak signifikan, sebesar 2100%.

Namun, berbeda dengan aplikasi penunjang belajar dan bekerja secara daring, Telkomsel mencatat pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil. 

Akan tetapi, trafik layanan komunikasi pesan instan (melalui Whatsapp, Line, dan Telegram) tumbuh sebesar 40%, dan games online meningkat sebesar 34%. 

Baca Juga: Perguruan Tinggi Diimbau Selenggarakan Ujian Akhir yang Fleksibel

"Melonjaknya trafik payload games online juga diikuti dengan tumbuhnya pengguna aktif game portal & media platform milik Telkomsel, Dunia Games sebesar 56% dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya," tutur Setyanto.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Ringtimes Banyuwangi

Hujan

28 Mei 2020, 14:00 WIB
X