Selasa, 31 Maret 2020

Sepekan Bekerja dan Belajar dari Rumah, Trafik Data Jawa Barat Meningkat Dekati 10 Persen

- 25 Maret 2020, 18:25 WIB
SEORANG tutor merekam materi pembelajaran media daring dari aplikasi yang bergerak di bidang edukasi.* /ARIF FIRMANSYAH

PIKIRAN RAKYAT - Satu pekan penerapan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah, sejumlah operator seluler mencatat lonjakan trafik data. Di Jawa Barat (Jabar) PT XL Axiata, Tbk. (XL Axiata) mencatat lonjakan trafik rata-rata sebesar 8%, sedangkan Telkomsel 7%.

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, data dari pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center menunjukkan, secara nasional kenaikan trafik layanan data mencapai 10% dibandingkan hari normal. 

Khusus di Jabar, rata-rata kenaikan trafik data tercatat sebesar 8%, dengan Kabupaten Tasikmalaya sebagai kontributor kenaikan tertinggi, mencapai 14%.

Baca Juga: Ibunda Presiden Wafat di Usia 77 Tahun, Jubir Istana: Mohon Doanya Semoga Almarhumah Husnul Khotimah

"Akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48%," ujarnya, melalui siaran pers yang diterima Pikiran-Rakyat.com Rabu, 25 Maret 2020.

Gede mengatakan, di luar Lebaran dan Natal/Tahun Baru, ini adalah kenaikan trafik data secara nasional yang tertinggi. Kenaikan trafik tertingginya bisa mencapai 15% dibanding hari biasa. 

"Pemicunya terutama adalah akses ke layanan data penunjang bekerja dan belajar dari rumah," katanya. 

Baca Juga: Cegah Penularan Virus Corona, Ashanty Semprot Hair Stylistnya dengan Disinfektan

loading...

Kendati trafik meningkat, menurut Gede, hingga sepekan terakhir, pihaknya belum menambah kapasitas jaringan yang ada, karena memang sudah dipersiapkan untuk bisa menampung kenaikan trafik hingga 2x dari trafik hari normal.

Namun, ia mengatakan, opsi untuk meningkatkan kapasitas selalu terbuka kapan saja dengan menyesuaikan pada kebutuhan pelanggan. 

"XL Axiata juga siap menjaga kualitas jaringan dengan mengerahkan semua kemampuan seperti layaknya saat menghadapi lonjakan trafik Lebaran.," ujarnya.

Baca Juga: Topur, E-commerce Lokal Purwakarta Siap Bantu UMKM di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19)

Beberapa langkah yang dilakukan, menurut dia, di antaranya adalah mengerahkan mobile BTS (MBTS) untuk lokasi-lokasi yang memerlukan. Selain itu juga melakukan rekayasa pengalihan trafik ke jaringan yang lebih longgar.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X