Sabtu, 28 Maret 2020

ISEI Jabar Dukung Upaya Pemprov dalam Meminimalisasi Dampak Corona di Sektor Ekonomi

- 25 Maret 2020, 09:28 WIB
PEDAGANG bawang melayani pembeli, di lapaknya di Pasar Induk Gedebage, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Minggu (22/3/2020). /ADE BAYU INDRA/" PR"

PIKIRAN RAKYAT – Kondisi perekonomian Indonesia sedang dan akan mengalami perlambatan pertumbuhan yang signifikan ke depannya.

Dampak pandemi Covid-19 secara langsung telah mengubah dan membatasi cara berinteraksi secara sosial dan aktivitas ekonomi, termasuk di Jawa Barat.

Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Bandung Koordinator Jawa Barat, Aldrin Herwany, Ph.D., mengatakan pandemi virus corona dengan cepat mendorong dunia ke dalam resesi ekonomi.

Baca Juga: Isu Pasar Tradisional Pananjung Pangandaran Akan Ditutup Ternyata Hoaks

Diperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini di bawah 5 persen atau lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

"Terjadi pelemahan ekonomi karena corona. Negara memerintahkan warganya untuk tetap di rumah sehingga dunia usaha merugi. Investor juga banyak yang menarik modalnya," ujarnya dalam siaran pers ISEI, Selasa, 24 Maret 2020 malam. 

loading...

Dia menjelaskan potensi PHK paling tinggi bakal terjadi di sektor padat karya jika wabah terus berlangsung hingga Lebaran tahun ini.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Foto Rusia Lepas Singa ke Jalanan agar Warga Tetap di Rumah, Simak Faktanya

Pengusaha dipastikan memilih mengurangi karyawan demi meringankan beban pengeluaran.

Menurut dosen dan pengamat ekonomi dari Universitas Padjadjaran ini, selain industri, sektor UMKM jadi sektor yang paling terkena imbas wabah corona karena punya modal yang terbatas.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X