Minggu, 29 Maret 2020

Pandemi COVID-19, IMF Perkirakan Resesi 2020 Sama Buruknya dengan Krisis Keuangan Global

- 24 Maret 2020, 07:44 WIB
DIREKTUR Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva berbicara pada konferensi pers di Washington D.C., Amerika Serikat, pada 4 Maret 2020.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Prospek pertumbuhan global untuk 2020 menjadi negatif dan resesi setidaknya sama buruknya dengan krisi keuangan global atau mungkin lebih buruk.

Hal tersebut terjadi menyusul pandemi COVID-19 yang terjadi secara global. Oleh karena itu, dinilai sangat penting untuk memperkuat sistem kesehatan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 24 Maret 2020, Gemini Harus Bangkit hingga Hilangkan Traumamu, Libra

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva, Senin 23 Maret 2020, mengatakan bahwa pemberi pinjaman multilateral itu memperkirakan prospek pertumbuhan global untuk 2020 menjadi negatif - "resesi setidaknya sama buruknya dengan krisis keuangan global atau lebih buruk."

Ketua IMF membuat pernyataan di konferensi jarak jauh para menteri keuangan dan gubernur bank sentral Kelompok Dua Puluh (G20) tentang pandemi COVID-19, meskipun mencatat bahwa "kami memperkirakan pemulihan pada 2021," menurut pernyataan IMF yang dirilis setelah konferensi tersebut.

loading...

Baca Juga: Perang Lawan Corona Belum usai, Selang 4 Hari Jakarta Ditimpa Lagi Musibah Kebakaran di Dua Wilayah

"Untuk sampai di sana, sangat penting untuk memprioritaskan penahanan dan memperkuat sistem kesehatan - di mana-mana," kata Georgieva.

"Dampak ekonomi akan parah, tetapi semakin cepat virus berhenti, semakin cepat dan kuat pemulihan akan terjadi."

Baca Juga: Lokasi SIM Keliling Hari Ini Selasa 24 Maret 2020, Pelayanan Hanya Ada di Satu Tempat

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X