Minggu, 31 Mei 2020

Tertekan, Pertumbuhan Ekonomi Jabar Triwulan I, Herawanto : Efek Pandemi Covid-19, Tertahannya Pemulihan Ekonomi Global

- 19 Maret 2020, 19:46 WIB
ILUSTRASI laju pertumbuhan ekonomi.* /DOK.PR

PIKIRAN RAKYAT - Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada triwulan I-2020 yang diperkirakan bias ke bawah. Hal tersebut dikarenakan meluasnya dampak COVID-19, menyebabkan penurunan ekspor, investasi, dan tertahannya konsumsi. Adapun dari sisi lapangan usaha, kinerja sektor indutri pengolahan dan perdagangan, serta konstruksi cenderung melambat. 

Demikian hasil Rapat Koordinasi Pembahasan Dampak Ekonomi dan Penanganan Covid-19 di Jabar antara Bank Indonesia (BI) Provinsi Jabar, Pemprov Jabar, dan Universitas Padjadjaran (Unpad), Kamis, 19 Maret 2020.

Baca Juga: 9 Warga Kota Bekasi Positif Virus Corona, 7 Pasien Belum Diisolasi ke Rumah Sakit

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jabar Herawanto mengatakan, merebaknya Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan tertahannya pemulihan ekonomi global, menyebabkan Jabar menghadapi tantangan perekonomian yang tidak dapat dianggap remeh.  

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, memberikan arahan penanganan Covid-19 dan langkah-langkah yang perlu menjadi perhatian bersama dalam penanggulangan bencana tersebut. Disamping itu Gubernur Jabar juga memimpin rapat koordinasi interaktif melalui video conference tersebut dengan seluruh Bupati dan Walikota di Jabar.

Baca Juga: Bank Indonesia Pangkas Suku Bunga Jadi 4,5 Persen, Inilah 7 Kebijakan BI dalam Upaya Mitigasi Risiko Penyebaran Covid 19

Sementara itu Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti menyampaikan komitmen Unpad untuk berkolaborasi dengan Pemprov Jabar dalam upaya penanggulangan Covid-19. Rumah Sakit Pendidikan Unpad akan menjadi tempat penampungan dan perawatan pasien Covid-19. 

Selain itu, laboratorium telah siap melakukan tes Covid-19 bekerja sama dengan Pemprov Jabar. Dan, Fakultas Kedokteran Unpad juga mengembangkan aplikasi self assesment Amari-Covid-19, sebagai salah satu upaya pendeteksian dini penyakit Covid-19.

Baca Juga: Persib Putri Jalani Latihan Secara Perorangan untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Sebagai salah satu rangkaian dalam rapat koordinasi ini, juga diluncurkan West Java Economic Society (WJES) dan Institut Pembangunan Jawa Barat (InJabar) yang  memiliki komitmen tinggi untuk berkolaborasi dan berinovasi bersama Pemprov Jabar.

InJabar akan menjadi pusat data dan hasil riset (repository) dari lingkungan akademisi, praktisi dan lembaga pemerintah, sehingga dapat dengan mudah diakses dan dipergunakan oleh semua pemangku kepentingan. ***

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X