Covid-19 Kian Meluas, Pertamina Jamin Pasokan BBM dan Elpiji Aman

- 16 Maret 2020, 15:22 WIB
ILUSTRASI mobil tanki Pertamina.*/ANTARA /null

PIKIRAN RAKYAT - Kendati wabah Covid-19 kian meluas, PT Pertamina (Persero) memastikan pelayanan kepada masyarakat serta pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (elpiji) dalam kondisi aman. Saat ini, ketahanan stok BBM dan LPG untuk seluruh produk secara nasional rata-rata di atas 20 hari. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan,  Pertamina menjamin seluruh produk BBM dan elpiji tetap tersedia serta cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat di seluruh tanah air. Oleh karena itu, Pertamina mengimbau agar masyarakat bijak dalam melakukan pembelian BBM dan elpiji, sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Indonesia Kehilangan Gelar Ganda Putra All England 2020, Direbut 3 Tahun Lalu, Kini Jadi Milik Jepang

Pertamina  tetap fokus dan memastikan proses penyediaan energi mulai dari fungsi hulu migas, kilang, distribusi, hingga pemasaran tetap berjalan normal. Dengan demikian, ketersediaan dan penyaluran BBM dan elpiji di seluruh tanah air juga tetap lancar,” katanya, melalui siaran pers yang diterima Pikiran-Rakyat.com, Senin, 16 Maret 2020.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dalam menyikapi wabah Covid-19 dan tidak melakukan panic buying, termasuk untuk komoditas energi. Sementara bagi masyarakat mampu, agar menggunakan BBM berkualitas baik dan elpiji nonsubsidi.

Baca Juga: Termasuk Jawa Barat dan Jakarta, Enam Provinsi Tunda UN SMK

“Kami pastikan, seluruh SPBU dan pangkalan elpiji tetap beroperasi normal untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan," katanya.

Pertamina juga menghimbau, jika masyarakat menemukan ada penyimpangan di lapangan untuk melaporkannya kepada aparat setempat. Masyarakat, menurut Fajriyah, juga bisa menghubungi Call Centre Pertamina 135.

loading...

Penugasan Pekerja

Sementara itu, untuk mengelola risiko penyebaran Covid-19, Fajriyah menuturkan, Pertamina  mematuhi arahan Pemerintah untuk mengurangi potensi paparan virus.  Berbagai upaya dijalankan Pertamina, diantaranya pengecekan suhu tubuh bagi pegawai dan tamu.

Baca Juga: Genjot Ekosistem Pembayaran Nontunai, LinkAja Gandeng Eco Racing

"Kami juga melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di area kerja, penyediaan masker, dan hand sanitizer, serta monitoring dan deteksi dini bagi karyawan yang telah melakukan perjalanan dinas ke negara lain yang memiliki risiko tinggi," ujar Fajriyah.

Pertamina, menurut dia, juga mengurangi aktivitas pekerja di luar kantor, menunda keberangkatan ke luar negeri, serta meningkatkan prilaku hidup sehat. Selain itu, Pertamina juga mengatur mekanisme dan pengelolaan penugasan pekerja, sehingga seluruh proses bisnis perusahaan tetap berjalan baik dan pelayanan kepada masyarakat tetap aman.

Baca Juga: Mempertimbangkan Pandemi Covid-19, Penyelenggaraan The X Memorial Wingday 2K20 Resmi Ditunda

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X