Jumlah Konsumsi Kopi Dunia Meningkat, Petani Indonesia Hadapi 3 Masalah Besar

- 13 Maret 2020, 18:24 WIB
ANGGOTA Komisi IV DPR RI Hamid Noor Yasin.* /Dok. DPR RI

PIKIRAN RAKYAT - Para petani kopi di Indonesia saat ini mengalami tiga masalah besar yang sangat rumit. Ketiga masalah tersebut adalah kualitas produk kopi, permodalan, dan pemenuhan pasar.

Hal ini berpengaruh terhadap meningkatnya konsumsi kopi secara global.

Anggota Komisi IV DPR RI Hamid Noor Yasin menerangkan bahwa permasalahan kopi ini harus ikut menjadi perhatian pemerintah agar petani kopi dapat sejahtera.

Baca Juga: Didi Riyadi Sempat Ingin Berjodoh hingga Minta Nomor HP, Ayu Ting Ting Ungkap Hubungan sang Drumer Element dengan Bilqis

Ia juga melihat konsumsi kopi di dunia meningkat ditandai dengan banyaknya kedai-kedai kopi yang bermunculan di Indonesia.

loading...

Seiring dengan banyaknya kedai kopi yang bertebaran, isu konsumsi kopi dimunculkan oleh eksportir asing dengan melakukan sertifikasi produk kopi.

Para petani kopi menolak sertifikasi tersebut dan menilai kualitas kopinya cukup rendah. Hal ini pun diakibatkan karena para pelaku usaha kecil dan menengah belum memiliki teknologi pengolahan yang memadai.

Baca Juga: Isak Tangis Warga Ciamis Pecah di Tengah Doa Meminta Dijauhkan dari Virus Corona

“Teknologi pengolahan dan kemasan pada industri skala kecil dan menengah masih sangat sederhana. Masalah pengetahuan penanganan pascapanen juga jadi kendala yang serius. Petani masih relatif menangani pascapanen secara tradisional.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: DPR RI


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X