Penggunaan QRIS Terus Ditingkatkan Termasuk Pedagang Mikro

- 12 Maret 2020, 17:34 WIB
Bank Indonesia, secara nasional menargetkan 15 juta pelaku usaha atau UMKM bisa menggunakan QRIS 2020.* /

PIKIRAN RAKYAT – Penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) di tanah air terus ditingkatkan. Termasuk para pedagang mikro, kecil, menengah dan besar baik di pasar tradisional, pasar modern, maupun pedagang keliling.  

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar Herawanto mengatakaan saat ini sudah ada 2,7 juta pelaku usaha yang menggunakan QRIS. Jumlah itu tersebar di berbagai Provinsi.

 Baca Juga: Mourinho Kehabisan Alasan Saat Tottenham Terpuruk, Mantan Pelatih Spurs: Jose Punya Pekerjaan Besar  

Sedangkan untuk di Jabar, tercatat Ada 612,883 pelaku usaha yang telah menggunakan QRIS. Selain itu, terdapat 27 Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang telah memiliki persetujuan menyelenggarakan QRIS.

Bank Indonesia, lanjutnya, secara nasional menargetkan 15 juta pelaku usaha atau UMKM bisa menggunakan QRIS pada tahun ini. Secara potensi, jumlahnya masih cukup besar karena jumlah UMKM di Indonesia yang diperkirakan mencapai 60 juta pelaku usaha. 

Sementara, BI Jabar menargetkan sebanyak banyaknya penggunaan QRIS. Walaupun, secara transaksi saat ini menempati urutan kedua secara nasional. 

loading...

 Baca Juga: Bulan Depan, Asteroid Berukuran Setengah Gunung Everest akan Dekati Bumi

"Dengan QRIS, kita dapat mendorong kemajuan sektor UMKM yang tentunya mempercepat akses keuangan bagi pelaku usaha dimanapun dan siapapun dia, sehingga membantu peningkatan aktivitas inklusi ekonomi, dimana pelaku usaha tersebut berada," kata Herawanto saat sosialisasi dan edukasi penggunaan kepada pengguna dan merchant di Jabar, Rabu, 11 Maret 2020.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian event Pekan QRIS Nasional di Kantor BI Bandung. Sosialisasi dan edukasi dilakukan kepada ratusan merchant seperti Prima Rasa, Bakso Semar, Mie Merapi, Sei Sapi Lengkong, Kokumi Paskal, Coffee Toffee, Ropang Pizza, Warung Sate Maranggi, Justus Steak House dan lainnya.

BI juga menghadirkan Gojek sebagai platform digital yang membangun ekosistem UMKM

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X