Kamis, 4 Juni 2020

BP Jamsostek Bandung Suci Buka 5 Program Pelatihan Kerja Gratis, Tidar : Rencananya untuk 300 Lebih Peserta

- 12 Maret 2020, 15:54 WIB
Ilustrasi Suasana Pelatihan.* /null

PIKIRAN RAKYAT - Berbagai stakeholder tanah air berupaya meningkatkan pendidikan vokasi untuk menciptakan SDM unggul. Di antaranya dilakukan BP Jamsostek Bandung Suci yang membuka 5 program pelatihan kerja gratis.

Kepala BP Jamsostek Kantor Cabang Bandung Suci Tidar Yanto Haroen mengatakan, pihaknya kini tengah membuka pendaftaran pelatihan berbasis kompetensi tahap 1 Tahun 2020. Adapun pelatihan kerja direncanakan akan mulai berlangsung pada pekan keempat Maret mendatang.

"Sekarang sedang membuka pendaftaran 5 program pelatihan kerja gratis yang rencananya akan kami berikan kepada 300 lebih peserta," ujarnya, Kamis, 12 Maret 2020.

Baca Juga: Gempa Bumi Guncang Pacitan Jawa Timur, Berkekuatan 5 Magnitudo

Pelatihan tersebut menyediakan lima program, yakni barista, make up, pastry dan bakery, tata boga, serta design grafis. Peserta diberikan pelatihan mulai dari 10 hingga 20 hari sesuai dengan jenis pelatihan yang diikuti.

Adapun persyaratan untuk dapat menjadi peserta, yakni WNI dengan NIK valid, minimal kepesertaan 1 Tahun pada program BPJS Ketenagakerjaan dan sedang mencari kerja, ter-PHK baik dikarenakan berakhirnya kontrak kerja maupun kejadian tertentu yang dicantumkan dalam perjanjian kerja, dengan usia maksimal 40 tahun.

Baca Juga: Sebelum Divonis Positif Virus Corona, Tom Hanks dan Istri Alami Gejala Mirip Masuk Angin

“Ini adalah masa depan kita semua dan komitmen pemerintah untuk membentuk profil SDM yang tangguh dan unggul. Kami berikan kesempatan kepada semua pekerja ikut vokasi untuk belajar kembali, upskilling dan reskilling supaya mereka bisa mudah kembali bekerja atau bahkan bisa menjadi wirausaha. Kami ingin ambil bagian dalam menghasilkan SDM Unggul dan menumbuhkan benih-benih bangsa terbaik lewat vokasi,” kata Tidar.

Ia menambahkan, hingga saat ini BP Jamsostek Kantor Cabang Bandung Suci telah bekerja sama dengan dua Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Kota Bandung. Ia menargetkan jumlah tersebut bisa tingkatkan.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Virus Corona, KPK Cek Suhu Tubuh Pengunjung, Saksi, dan Tahanan

Selain itu, untuk menjaga terjaminnya mutu bagi peserta pelatihannya, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi. Diantaranya lembaga dengan izin operasional resmi, BLK milik pemerintah maupun swasta, memiliki minimal 2 jenis modul pelatihan, dan memiliki kerja sama dengan perusahaan penyerap tenaga kerja.

“Pelatihan ini akan diberikan sertifikat, kemudian ada uang transport, uang saku, dan ini kita memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan-perusahaan,” katanya.

Baca Juga: Kasus RTH Bandung, Eks Sekda Kota Bandung Edi Siswadi Diperiksa KPK

Ia berharap, selesai mengikuti vokasi, para peserta memiliki harapan lebih baik supaya bisa membentuk nilai ekonomi dan memberikan kehidupan lebih baik bagi bangsa dan negara. Tidak hanya buat kita pribadi ataupun keluarga.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Ringtimes Banyuwangi

Bias Sinarmu

4 Juni 2020, 14:00 WIB
X