Omnibus Law Buka Peluang Investor Asing Masuk ke UMKM, Usaha Koperasi Berbagai Sektor dengan Pendirian Minimal 3 Orang

- 10 Maret 2020, 07:56 WIB
PENGUNJUNG melihat produk kerajinan dari bahan koran bekas saat Gebyar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Juara di lapangan Kampus IPB, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 28 September 2019.*/ANTARA /null

PIKIRAN RAKYAT - Omnibus law membuka peluang bagi investor asing untuk masuk ke sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Meskipun demikian, investasi tersebut harus diterapkan dengan siatem kemitraan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pada intinya semangat omnibus law adalah untuk mempersiapkan UMKM agar lebih berdaya saing. Salah satu cara untuk mencapai hak tersebut adakah permodalan yang kuat.

Dia mengatakan, investasi perlu dibuka untuk UMKM untuk mengurangi gap antara pelaku UKM dan besar.

Baca Juga: Rampung 2 hingga 3 Minggu, Fasilitas Karantina COVID-19 Berkapasitas 230 Tempat Tidur akan Dibangun di Batam

"Jangan sampai investor hanya pergi ke yang besar besar saja, nanti gapnya makin lebar. Oleh karena itu, UMKM juga harus menarik bagi investor," ujarnya di Jakarta, Senin 9 Maret 2020.

Menurut Teten, dirinya sudah melakukan koordinasi dengan kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal. Selanjutnya, investor diarahkan untuk bermitra dengan UMKM.

Selain untuk permodalan, Teten mengatakan, investor asing tersebut juga dapat membantu untuk mendapatkan akses pasar luar negeri.

Baca Juga: Viral Moge 4 Silinder Disiksa Pemiliknya, CBR 400 RR Dites Melintasi Sungai dan Lintasan yang Berlumpur

"Misalkan jika ada UMKM yang siap go internasional, untuk masuk pasar global butuh bantuan, itu yang bisa dibantu," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X