Untuk Meningkatkan Daya Saing, UMKM Didorong Maksimalkan Platfom Digital, Ismail : Instagram Bisnis Bisa Menjadi Solusi Bagi Pelaku Usaha

- 6 Maret 2020, 13:01 WIB
ILUSTRASI UMKM/KABAR BANTEN /null

PIKIRAN RAKYAT - Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Jawa Barat (Jabar) didorong untuk memaksimalkan platform digital, salah satunya Instagram Bisnis, guna menjangkau pasar yang lebih luas, hingga ke ranah global.

Penggunaan platform digital juga akan meningkatkan daya saing UMKM di tengah persaingan usaha yang semakin sengit.

Demikian diungkapkan Dosen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama (FBM Utama), Ismail Solihin, pada Progam Pengabdian kepada Masyarakat di Kelurahan Padasuka Kecamatan Cibeunying Kidul, Bandung, Kamis, 5 Maret 2020.

Baca Juga: Selain Wuhan, Provinsi Hubei Tiongkok Nihil Kasus Baru Corona

Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, tren belanja masyarakat juga terus bergeser dari offline ke online.

“Para pelaku UMKM di Jabar, khususnya Bandung, saat ini memang banyak yang sudah memanfaatkan Instagram. Sayangnya Instagram yang mereka gunakan bukanlah Instagram Bisnis” kata Ismail. 

Dengan Instagram Bisnis, menurut dia, UMKM bisa mendapatkan informasi terkait profil konsumen, waktu pembelian konsumen, asal lokasi konsumen, serta frekuensi pembelian konsumen. 

Baca Juga: Rilis Single dengan Versi Aransemen Berbeda dari Tiara Anugrah, Juara Indonesian Idol Lyodra Ginting Tegaskan Mampu Taklukan Semua Jenis Lagu

loading...

Menurut dia, informasi-informasi tersebut sangat diperlukan pelaku UMKM untuk mengatur strategi pemasaran, mulai dari desain produk hingga promo.

Seperti diketahui, hingga saat ini pemasaran menjadi salah satu persoalan laten bagi pelaku UMKM.

Mereka bukan hanya membutuhkan pelatihan dan pendampingan dari sisi desain produk, termasuk kemasan, tapi juga kerap kesulitan memetakan profil konsumen.

Baca Juga: Ada Empat Kategori Identifikasi COVID-19, Dinkes: Penanganannya akan Berbeda sesuai Standar Operasional Prosedur

Sementara itu, Solihin mengatakan, PKM tersebut memang memusatkan materi pelatihan pada penggunaan Instagram Bisnis untuk pengembangan bisnis UMKM.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X