Kamis, 9 April 2020

Dikabarkan Bisa Obati Virus Corona, Pesanan Minuman Rempah di Banyuwangi Membludak

- 5 Maret 2020, 12:32 WIB
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kedua kiri) melihat rempah yang akan diolah menjadi jamu temulawak di Pengantigan, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (4/3/2020). Jamu produksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tersebut, kini penjualannya meningkat dari 50 kotak per hari menjadi 150 kotak per hari karena dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh dan terhindar dari virus Corona COVID-19. */ /ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/ama.

PIKIRAN RAKYAT - Beberapa waktu lalu, empon-empon atau rempah-rempah dapur dikabarkan bisa mengobati penyakit yang disebabkan infeksi virus corona COVID-19.

Seperti dilaporkan Pikiran-Rakyat.com, informasi yang tersebar lewat broadcast aplikasi pesan Whatsapp tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah sehingga dianggap disinformasi oleh akun @jabarsaberhoaks.

Namun, informasi ini terlanjur tersebar dan diyakini sebagai salah satu cara untuk mencegah virus corona menginfeksi tubuh orang Indonesia.

Baca Juga: Umumkan Dua Kematian Akibat Virus Corona, Pemerintah Irak Imbau Tak Lakukan Salat Berjamaah

Alhasil, penjualan minuman tradisional sari rempah di Banyuwangi membludak bahkan membuat produsennya kewalahan.

Para produsen minuman tersebut mengaku sulit memenuhi lonjakan permintaan yang tiba-tiba terjadi setelah diumumkan kasus pertama virus corona di Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Heru Prayitno, produsen minuman sari rempah bermerek "Putri Wangi" saat ditemui Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pada Rabu 5 Maret 2020.

Baca Juga: Jumlah Pasien di Ruang Isolasi RSUD Banyumas Bertambah, Salah Satunya Baru Pulang dari Negara Terinfeksi COVID-19

Menurutnya, penjualan produk rempah itu telah membludak hingga 300 persen dari hari-hari biasa.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa

Sumber: Ringtimes

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X