Rabu, 1 April 2020

Antisipasi Virus Corona, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Siapkan Kebijakan Stimulus

- 27 Februari 2020, 18:04 WIB
ILUSTRASI Otoritas Jasa Keuangan (OJK).*/DOK. KABAR BANTEN /DOK. KABAR BANTEN

PIKIRAN RAKYAT - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan kebijakan stimulus. Langkah tersebut dilakukan untuk menjaga pertumbuhan perekonomian nasional dalam mengantisipasi down-side risk dari penyebaran virus Corona.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, stimulus yang disiapkan, yakni pertama, relaksasi pengaturan penilaian kualitas asset kredit dengan plafon sampai dengan Rp 10 miliar yang hanya didasarkan pada satu pilar.

Baca Juga: RSJ Cisarua Jabar Mulai Tangani Pasien Depresi Akibat Tak Bisa Lunasi Pinjaman Online

Yaitu, ketepatan pembayaran pokok dan/atau bunga terhadap kredit yang telah disalurkan kepada debitur di sektor yang terdampak penyebaran virus corona (sejalan dengan sektor yang diberikan insentif oleh Pemerintah).

Kedua, relaksasi pengaturan restrukturisasi kredit yang disalurkan kepada debitur. Terutama di sektor yang terdampak penyebaran virus corona. Hal ini sejalan dengan sektor yang diberikan insentif oleh Pemerintah.

Baca Juga: Danau Buatan, Bisa Jadi Solusi Atasi Banjir, Dedi : Untuk Daerah Banjir, Bangunlah Rumah Panggung

Kemudian, dikatakan, relaksasi pengaturan ini akan diberlakukan sampai dengan 1 (satu) tahun setelah ditetapkan. Namun dapat diperpanjang bila diperlukan

“Kebijakan stimulus OJK ini diharapkan bisa memitigasi dampak pelemahan ekonomi global terhadap pertumbuhan dan stabilitas ekonomi nasional,” kata Wimboh melalui keterangan pers, Kamis, 27 Februari 2020.

Baca Juga: Aman, Stok Beras Ramadan dan Lebaran, Meskipun Ada Potensi Gagal Panen

loading...

Lebih lanjut, ia menambahkan, perekonomian global masih akan dihadapkan dengan tantangan yang cukup besar.

Di tengah upaya memperbaiki kinerja perekonomian, selain peningkatan tensi geopolitik di Timur Tengah dan belum selesainya isu perang dagang antara AS dan Tiongkok, dunia juga dihadapkan pada kasus virus Corona yang dampaknya tidak dapat dikatakan kecil bagi perekonomian global. ***


Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X