Kamis, 9 April 2020

Nadiah, PNS yang Sukses Jadi Reseller dengan Komisi Jutaan Rupiah

- 27 Februari 2020, 08:38 WIB
KOPDAR Reseller, Berikhtiar commnunity. /Dok. Evermos

PIKIRAN RAKYAT - Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Jakarta Pusat tidak mengurungkan niat Nadiah untuk memiliki usaha sampingan. Di sela-sela kesibukannya, wanita berusia 35 tahun ini aktif menjadi reseller Evermos dan meraup penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah per bulan.

Diakui Nadiah, ia baru pertama kali jual baju secara online saat menjadi reseller Evermos. Ketika melihat informasi Evermos di Instagram, tanpa ragu Nadiah pun akhirnya bergabung menjadi reseller terhitung sejak Oktober 2019.

“Waktu itu lihat iklannya (Evermos) dan tampak menarik. Ibaratnya saya cuma butuh iklanin secara online dengan rincian yang sudah ada dan gak perlu stok barang di rumah. Intinya sih jadi lebih aman dan praktis juga,” jelas Nadiah.

Baca Juga: Wuling Hadir Dengan Fitur Keselamatan Lengkap, Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Ketika Berkendara

Ketika awal bergabung, wanita yang berdomisili di Jakarta ini fokus menjual baju muslim dan jilbab, namun pada akhirnya ia menjual berbagai produk dari brand yang bekerja sama dengan Evermos. Ini dilakukannya untuk memperluas peluang.

Sebagai pekerja kantoran, Nadiah mengaku terkadang kesulitan membagi waktu, namun hal ini bukan masalah besar baginya. Ia menyaisati kendala ini dengan memasang iklan ketika malam hari atau saat pekerjaan tidak terlalu padat.

Strategi pemasaran yang dilakukan Nadiah pun cukup sederhana, yaitu dengan memasarkan produk melalui status WhatsApp dan Instagram. Diakui olehnya, respons paling banyak ia dapatkan melalui teman-teman terdekat.

Baca Juga: Intip 3 Resep Ramuan Membuat Masker Perawatan Kulit Menggunakan Putih Telur

Bekerja di pemerintahan membuat Nadiah memiliki banyak teman hingga di berbagai wilayah di Indonesia. Tidak sedikit pula rekan kerjanya membeli produk yang dipasarkan meski sedang berada di luar Pulau Jawa.

Wanita berusia 35 tahun ini pun cukup cerdik untuk melihat peluang. Terbukti jika ada kegiatan kantor, maka tidak jarang pesan melalui Nadiah.

“Kebetulan di kantor ‘kan banyak kegiatan dan biasanya pesannya sendiri. Misalnya butuh seragam untuk kegiatan, biasanya pesan lewat Evermos,” ungkapnya.

Nadiah yang tidak pernah simpan stok barang di rumah, selalu mengantisipasi keluhan konsumen akan waktu pengiriman barang. Dikatakan olehnya, ia sejak awal sudah menjelaskan kondisinya sebagai reseller kepada konsumen, sehingga butuh waktu tambahan sekitar 2-3 hari.

Baca Juga: Keperluan Pencetakan KTP Elektronik Aman

Pada kesempatan yang sama, Nadiah membagikan tips menjadi reseller sukses.

Menurutnya, hal yang harus dilakukan adalah jangan malu ketika jualan, harus pandai menganalisis kebutuhan pesar, dan jangan ragu untuk menjual apapun.

“Yang menurut kita belum tentu laku, bisa jadi banyak yang butuh, jadi pasarkan saja. Misalnya, saya sempat mikir gak akan ada yang beli speaker Al Quran, tapi setelah pasang status ternyata yang beli lumayan banyak,” jelas Nadiah.

Cara yang dilakukan Nadiah dalam memasarkan produk Evermos nampaknya sudah tepat. Menurut data dari Evermos, Nadiah berhasil meraih komisi mencapai Rp2 juta, bahkan ia mencetak omzet tertingginya pada Desember 2019.

Baca Juga: Diajak Korban Banjir Bermain TikTok, Tya Ariestya: Hiburan Buat Mereka Biar Nggak Stres

Mengenai penghasilan, Nadiah dengan jujur mengatakan bahwa dirinya tidak pernah menghitung. Meskipun demikian, ia mengatakan selalu semangat dalam mengejar target penjualan untuk bisa mendapatkan komisi dari Evermos.

Kesuksesannya menjadi reseller tentu diraih dengan kerja keras dan menerapkan ilmu pemasaran, termasuk strategi penjualan dari Evermos.

Ia pun merasa sangat terbantu dengan adanya Evermos karena tetap bisa menghasilkan penghasilan tambahan tanpa harus menyampingkan pekerjaan utamanya.

“Evermos membantu banget buat orang yang baru mulai usaha karena kita tidak diwajibkan punya stok barang, jadi jangan takut rugi. Kita juga gak perlu repot-repot bungkus paket. Pokoknya buat tambahan penghasilan ya lumayan banget,” tutup Nadiah.***


Editor: Rahmad Maulana

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X