Minggu, 5 April 2020

Tren Generasi Muda Usia Kuliah : Nyari Duit atau Ilmu ? Fauzan : Membuat Prioritas Sesuai dengan Porsinya

- 24 Februari 2020, 14:18 WIB
WAKIL Sekretariat Umum BPC Hipmi Kota Bandung Fauzan Kemal Akbar (kedua kanan), memaparkan pandangannya, pada acara Pop Up Campus, di Kampus Widyatama, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Senin, 24 Februari 2020.* /ADE BAYU INDRA/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Melambungnya tren bisnis beberapa tahun terakhir membuat banyak anak muda usia kuliah kerap berada di persimpangan, antara fokus melanjutkan kuliah atau mulai merintis usaha.

Persoalannya, tuntutan dunia kuliah saat ini terbilang sangat tinggi, karena banyaknya jumlah mata kuliah dan tugas kuliah yang harus diselesaikan.

Di sisi lain, waktu yang dibutuhkan untuk merintis bisnis dari nol juga tidak sedikit.

Baca Juga: RSHS Bandung Pastikan Dua Pasien Negatif Virus Corona, Satu Lainnya Masih Tunggu Hasil Pemeriksaan

Jika tidak fokus, salah-salah bukan keuntungan yang diperoleh, justru kerugian yang didapat, baik dari sisi finansial, waktu, maupun reputasi bisnis.

Co-Founder SEMA EDU & Wakil Sekretaris Umum Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Bandung, Fauzan Kemal Akbar, mengatakan, jawaban dari kegalauan tersebut adalah membuat prioritas sesuai dengan porsinya.

"Nyari duit atau ilmu? Keduanya sama-sama penting. Apalagi, saat ini tuntutan untuk mencari duit semakin besar, tapi di sisi lain bekal ilmu juga sangat dibutuhkan," ujarnya, pada Axis “Pop Up Campus” di Universitas Widyatama, Jln. P.H.H. Mustopa, Bandung, Senin, 24 Februari 2020.

Baca Juga: Tak Hanya Sekali Sistem Aerosol Eror dan Picu Kepulan Asap, Sekjen DPR RI Indra Iskandar: akan Kita Evaluasi

loading...

Menurut dia, yang harus dilakukan saat berada di persimpangan tersebut bukan memilih salah satu, tapi bagaimana memprioritaskan satu sama lain.

"Jadi, kalau kita masih kuliah, prioritaskan kuliah dan jadikan bisnis sebagai penunjang. Setelah lulus kuliah, barulah jadikan bisnis sebagai prioritas," ujarnya.

Hal yang sangat penting saat menjalankan bisnis sambil kuliah, menurut dia, adalah jangan menunda-nunda menyelesaikan tugas dari kampus.

Baca Juga: Resmi, Mahathir Mohamad Mundur Sebagai Perdana Menteri Malaysia

Pasalnya, menurut Fauzan, tugas kampus yang belum selesai justru akan menghambat dan mengganggu jalannya bisnis.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X