Sabtu, 4 April 2020

Asbanda Himpun Tabungan Simpeda Rp 59,57 Triliun, JakOne Mobile Akomodir Keinginan Generasi Milenial

- 23 Februari 2020, 13:56 WIB
ILUSTRASI bank.* /DOK PR

PIKIRAN RAKYAT - Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) berhasil menghimpun dana tabungan Simpanan Pembangunan Daerah (Simpeda) sebesar Rp 59,57 triliun, hingga Desember 2019.

Produk tabungan yang sudah berumur 30 tahun ini mempersatukan 27 Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan jumlah nasabah sebanyak 7,2 juta.

Ketua Komisioner Penyelenggara Undian (KPU) Simpeda Wimran Ismaun mengatakan, salah satu strategi untuk meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK) BPD se-Indonesia, adalah melalui kegiatan Penarikan Undian Simpeda Nasional yang digelar setiap tahun.

Baca Juga: Viral Video Seorang Anak Menangis Sandalnya Terinjak, Kriss Hatta Ceritakan Kronologi

"Tabungan Simpeda merupakan produk tabungan yang menguntungkan dengan akses luas serta diikutkan dalam undian lokal maupun nasional, dengan total hadiah Rp 6 miliar dibagi dua periode,” ujar Wimran Ismaun dalam siaran pers di Jakarta, Minggu 23 Februari 2020.

Pada periode I - 2019, penarikan Undian Nasional Simpeda dengan Bank BPD Bali sebagai tuan rumah. Untuk periode kedua, dipercaya sebagai tuan rumah adalah Bank DKI.

Ketua Umum Asbanda Supriyatno memaparkan, dilihat dari penarikan undian Simpeda bulan Februari 2019 di Solo sampai dengan di Jakarta, saldo Tabungan Simpeda meningkat 3,41% atau naik sebesar Rp 1,97 triliun. 

Baca Juga: Cara AS Evakuasi Warganya dari Kapal Pesiar Diamond Princess, Sulap Pesawat Jadi Bangsal Karantina Khusus Virus Corona

loading...

BPD yang paling banyak menghimpun Tabungan Simpeda, sejak lebih dari 10 tahun terakhir, yaitu Bank Jatim.

Sampai dengan posisi Desember 2019 telah menghimpun Simpeda sebanyak Rp 13,44 triliun atau sebesar 22,50% dari Tabungan Simpeda Nasional.

Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mapa menuturkan, posisi Tabungan Simpeda di Bank DKI pada posisi Desember 2019 telah terhimpun sebanyak Rp 2,99 triliun atau sebesar 5,02% dari Tabungan Simpeda Nasional.

Baca Juga: RSHS Kembali Terima Tiga Pasien Terobservasi Virus Corona COVID-19, Humas: Terdiri dari Dua Laki-laki dan Satu Perempuan

“Total nasabah Simpeda mencapai setengah jumlah nasabah tabungan Bank DKI yang mencapai 2,4 juta nasabah,” katanya.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X