Sabtu, 30 Mei 2020

India Jadi Mitra Dagang Terbesar ke-2, Donald Trump Pastikan AS Lakukan Kerja Sama Besar-besaran di Bidang Perdagangan

- 19 Februari 2020, 16:27 WIB
Donald Trump nyatakan Amerika Serikat akan lakukan kerja sama besar-besaran di bidang perdagngan di India dalam waktu yang panjang.* /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Donald Trump menyampaikan kalau Amerika Serikat akan melakukan kerja sama besar-besaran dengan India dalam waktu yang panjang.

Diketahui, Amerika Serikat merupakan mitra dagang terbesar kedua India setelah Tiongkok, dengan perdagangan barang dan jasa keduanya mencapai rekor hingga 142,6 miliar dolar Amerika pada tahun 2018.

Namun pada tahun 2019, Amerika Serikat mengalami defisit perdagangan barang senilai 23,2 miliar dolar Amerika dengan India.

Baca Juga: Sempat Alami Cedera Mengerikan, Ander Gomes Siap Kembali Bermain saat Everton Bertemu dengan Arsenal

Meski demikian, Trump belum bisa memastikan penandatanganan kerja sama itu dilakukan sebelum Pemilu 2020 berlangsung, November mendatang.

Demikian disampaikan Trump kepada wartawan saat ditemui di luar Air Force One di Pangkalan Bersama Andrews di Maryland sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters, Rabu 19 Februari 2020.

"Kita dapat memiliki kesepakatan perdagangan dengan India, tetapi saya benar-benar menyelamatkan masalah besar untuk nanti," kata Trump.

Baca Juga: Seorang Anak di Ciamis Terjun dan Terseret Arus Sungai, Jasadnya Ditemukan Setelah 3 Hari di Kabupaten Lain

Trump dipastikan akan mengunjungi India untuk melakukan kerja sama bilateral pada 24-25 November 2020 mendatang.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X