Senin, 6 April 2020

Plafon Kredit BJB Mesra Ditambah Rp 33 Miliar, Ridwan Kamil: Kredit Bisa Jangkau 5.600 Desa di Jawa Barat

- 16 Februari 2020, 15:03 WIB
ADE BAYU INDRA/ /ADE BAYU INDRA/

PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) meminta PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten, Tbk. (Bank BJB) terus mengakselerasi penyaluran kredit BJB Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera).

Ia meminta agar jelajah penyaluran kredit BJB Mesra bisa menjangkau 5.600 desa di seluruh Jabar.

"Tahun ini ada tambahan plafon kredit BJB Mesra dari dana internal BJB. Harapannya, penyaluran kredit BJB Mesra bisa lebih ngebut lagi," kata Emil, pada Sapa Warga di Dusun Cisema, Kampung Buricak Burinong, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Sabtu, 16 Februari 2020.

Baca Juga: Anies Baswedan Tolak Undangan Deklarasi Presiden 2024, Syarief: Tak Boleh Ada Deklarasi Pejabat Nanti Dicopot Ada Undang-undangnya

Ia berharap, nantinya penyaluran kredit BJB Mesra paling tidak menjangkau minimal satu masjid per desa di seluruh wilayah Jabar.

Dengan demikian, bukan hanya akan membantu mengakselerasi kesejahteraan masyarakat Jabar, tapi juga mambantu memutus rantai rentenir.

Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi, mengaku siap merealisasikan target yang diproyeksikan Gubernur Jabar, satu masjid satu desa, untuk penyaluran kredit BJB Mesra. Ia mengaku optimistis, target tersebut akan tercapai.

Baca Juga: Terjadi Kecelakaan di Jalan Layang Tol Pesing, Satu Orang Meninggal

"Insya Allah kami bisa merealisasikannya. Kalau kemarin kan terkendala funding," tuturnya.

Untuk tahun ini plafon kredit BJB Mesra akan ditambah sebesar Rp 33 miliar dari dana internal Bank BJB.

Menurut Yuddy, Bank BJB sudah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menambah plafon kredit BJB Mesra sebesar Rp 33 miliar per tahun.

Baca Juga: Virus Corona di Kapal Pesiar Diamond Princess Bertambah, 70 Kasus Baru Dikonfirmasi

Seperti diketahui, kredit BJB Mesra mulai digulirkan dengan total plafon Rp 4 miliar. Saat ini kredit BJB Mesra sudah bergulir satu tahun dan terakumulasi total Rp 8,1 miliar.

"Sampai dengan Januari, kredit BJB Mesra telah disalurkan kepada 202 rumah ibadah, 383 kelompok, 2.802 orang, 105 kecamatan, 16 kabupaten, 6 kota," tutur Yuddy.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X
x