Jumat, 28 Februari 2020

UMKM Jadi Penyelamat Ekonomi Indonesia di Saat Krisis Seperti Ini

- 14 Februari 2020, 19:20 WIB
PRODUK UMKM.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terbukti tetap eksis dan mampu menjadi penyelamat ekonomi di saat krisis.

Untuk itu, Anggota Komisi VI DPR, Nevi Zuairina meminta kepada pemerintah, melalui berbagai forum mitra DPR termasuk HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara) agar terus aktif dan masif melakukan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) kepada UKM-UKM di Indonesia.

"Kami berkeyakinan berdasarkan data bahwa UMKM memberikan kontribusi sangat besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja serta ekspor," kata Nevi saat dihubungi, Jumat 14 Februari 2020.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cinta di Hari Valentine, Capricon Memerlukan Kesabaran untuk Hubungan yang Sempurna

Legislator Sumatera Barat II ini yang juga ketua Forum UMKM Se provinsi Sumbar mengatakan dari tahun ke tahun  kontribusi sektor UMKM terhadap PDB terus meningkat menjadi 60,34%.

"Penyerapan tenaga kerja pada sektor UMKM ini juga tinggi, rerata 97,02%. Hal ini dikarenakan, pelaku usaha skala mikro, kecil, menengah dan koperasi merupakan bagian terbesar dari seluruh aktivitas ekonomi rakyat Indonesia mulai dari petani, nelayan, peternak, petambang, pengrajin, pedagang, dan penyedia berbagai jasa," katanya.

Solusi mendasar bangsa kita untuk bangkit dengan menguatkan sektor UMKM.

Baca Juga: Komentari Kasus Dugaan Kekerasan oleh Oknum Guru di SMAN 12 Kota Bekasi, Ridwan Kamil: Jadi Guru Harus Sabar

"Sumbangsih UMKM begitu besar terhadap perekonomian Indonesia dengan ketahanan ekonomi yang stabil dan tinggi," katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X