Minggu, 23 Februari 2020

Jarot Subana : Era Revolusi Industri 4.0, Karyawan Aktif Berpartisipasi Membudayakan K3

- 14 Februari 2020, 17:39 WIB
DI Era Revolusi Industri 4.0 K3 harus menjadi budaya.* /Yulistyne Kasumaningrum/

PIKIRAN RAKYAT - Dunia usaha terus meningkatkan komitmennya mengenai kesadaran dan ketaatan pemenuhan norma Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Hal tersebut semakin kompleksnya tantangan dunia ketenagakerjaan.

Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), Jarot Subana mengatakan, perusahaannya berkomitmen untuk mendukung Bulan K3 di era revolusi Industri 4.0. Bahkan selama 3 tahun, perusahaanya secara rutin memperingati bulan K3 nasional.

Pada tahun ini tema yang diusung "Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi”.

Baca Juga: Tidak Hanya Cukai Rokok, Plastik pun akan Dikenakan Cukai dengan Potensi Pendapatan Tembus Rp 3 Triliun

"Pada era 4.0 ini, diharapkan semua karyawan berpartisipasi aktif membudayakan K3. Sehingga budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja," ujarnya, belum lama ini.

Dikatakan, rangkaian acara bulan K3 Nasional 2020 telah dilakukan, antara lain Sosialisasi Bahaya NAPZA di seluruh wilayah operasional perusahaan (Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, Jawa Barat, Jabodetabek dan Banten serta Kalimantan), Family Safety Awareness Training, Lomba Bulan K3 (Cerdas Cermat Mitra Kerja, Lomba Berburu Bahaya, Lomba Video Kampanye K3, dan Lomba Foto).

Adapun puncak acara bulan K3 Nasional 2020 diadakan di Plant Kalijati pada 12 Februari 2020 yang dibuka dengan apel K3. Lalu dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat ISO 45001:2018, piagam ISCA (Indonesia Construction Safety Award), dan penghargaan Zero Accident.

Baca Juga: Lakukan Aksi Solidaritas untuk Tiongkok, 3000 Siswa Thailand Ucapkan Selamat Hari Valantine

Selain itu, Launching Safety Golden Rules, Penetapan HSE Performance Indicator 2020, Sosialisasi Gerakan Anti Narkoba, Pembacaan & penandatanganan Komitmen P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika). Serta pemaparan NAPZA Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen. Pol. Drs. Arman Depari.

“Pelaksanaan bulan K3 Nasional ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan norma K3, meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mencapai pelaksanaan budaya K3 secara optimal di setiap kegiatan usaha, dan meningkatkan penerapan K3 menuju masyarakat mandiri berbudaya K3,” ujarnya.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengatakan, keselamatan dan kesehatan kerja menghadapi tantangan dunia ketenagakerjaan yang makin kompleks, diperlukan strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien, dan inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Baca Juga: Pabrik Kosmetik di Sukabumi Terbakar, Empat Unit Damkar Dikerahkan

Untuk itu, dia mendorong agar semua pihak dapat melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing agar budaya K3 benar-benar terwujud di seluruh tanah air. Serta agar pemangku kepentingan, baik pengusaha, serikat pekerja, pekerja dan masyarakat, untuk terus meningkatkan pengawasan dan penyadaran akan pentingnya K3.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X