Jumat, 28 Februari 2020

Dorong Ekosistem Halal Melalui Perbankan Syariah, Dirut BJB Syariah: Insan Pers Memiliki Peran Signifikan

- 13 Februari 2020, 10:56 WIB
DIREKTUR Utama Bank BJB Syariah, Indra Falatehan dalam acara Sawala Pikiran Rakyat bertajuk Mendorong Ekosistem Halal Melalui Perbankan Syariah yang digelar di Hotel Savoy Homann Bidakara, Kamis 13 Februari 2020.* /ARI NURSANTI/PR

PIKIRAN RAKYAT - Kesadaran publik terhadap halal (halal awareness) kian tumbuh bahkan telah menjadi bagian gaya hidup generasi muda dan perkotaan saat ini.

Tren ini, memberi peluang baru pertumbuhan perbankan syariah dan industri halal yang juga berpeluang terbangunnya ekosistem halal di Indonesia akan semakin baik dan variatif.

Baca Juga: 5 Bahan Alami dan Sederhana untuk Cegah Katarak yang Dapat Ditemukan di Rumah

Sebut saja dengan berkembangnya halal food, islamic fashion, islamic tourism, islamic education, haji dan umrah, zakat, sedekah hingga wakaf, peluang ekosistem halal di Indonesia diyakini akan tumbuh besar.

Pertumbuhan ekosistem halal ini mendongkrak pertumbuhan pangsa pasar perbankan syariah.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jalin Cinta dengan Aquarius, Salah Satunya Jujur dan Terbuka

Halal food punya potensi Rp2.300 triliun, Islamic fashion hingga Rp190 triliun, Islamic tourism mencapai Rp135 triliun, haji dan umrah sebesar Rp120 triliun, dan pendidikan berpotensi Rp40 triliun.

Potensi itu belum mencakup seluruh pendapatan seperti Dana Pihak Ketiga (DPK), pembiayaan, dan transaksi bank lainnya yang berasal dari nasabah Muslim.

Baca Juga: Teddy Mengaku Dapat Perlakuan Tidak Menyenangkan saat di Tempat Umum Usai Dituding Sebabkan Kematian Lina Jubaedah

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X