Senin, 6 April 2020

Harga Bawang Putih Naik 2 Kali Lipat Gara-gara Virus Corona, Komisi IV DPR: Jangan Ada Segolongan Orang yang Coba Buat Rakyat Makin Sengsara

- 11 Februari 2020, 19:59 WIB
BAWANG putih di Kota Cimahi terdampak virus corona.* /RIRIN NF/PR

PIKIRAN RAKYAT - Harga bawang putih yang biasanya dijual Rp 35.000 per kilogram kini mencapai Rp 70.000 per kilogram. Hal itu kendati menjadi sorotan anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin terkait kenaikan harga tersebut.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi DPR RI, Akmal juga sempat mempertanyakan mengapa begitu cepat harga bawang putih naik buntut dari isu penghentian impor dari Tiongkok untuk mencegah virus corona.

"Tahun lalu kan kita sudah impor bawang putih cukup besar, dan ini mestinya masih ada 133 ribu ton bawang yang putih yang tersebar di gudang-gudang pedagang. Mestinya janganlah menahan-nahan stok ini demi mengerek harga dengan isu menakutkan (virus Corona)," tukas Akmal pada Selasa, 11 Februari 2020.

Baca Juga: Wabah Virus Corona, JD.ID Beri Pernyataan Tegas

Akmal juga mengungkapkan bahwa tidak sewajarnya bawang putih ini naik dengan alasan virus corona.

Penghentian impor bawang putih dari China saat ini sudah sangat tepat. Tapi menurutnya, tidak wajar harga bawang putih yang biasanya rata-rata Rp 20.000 per kg, kini harganya bisa mencapai Rp 60.000 per kg, bahkan hingga Rp 68.000 per kg.

Menurutnya, mesti ada pasokan 133.000 ton bawang putih hingga Maret tahun 2020 ini yang merupakan sisa impor tahun 2019 lalu.

Pemerintah juga dinilai mesti turun tangan dengan menghukum pedagang nakal dengan mencabut izinnya jika masih bermain-main menyengsarakan rakyat.

Baca Juga: Angka Kelahiran Masih Tak Terkendali, Program KB Dinilai Belum Berjalan Maksimal

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: DPR RI

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X
x