Minggu, 29 Maret 2020

IMF Prediksi Ekonomi Global akan Kembali Tumbuh pada Tahun 2020

- 22 Januari 2020, 11:35 WIB
DIREKTUR Pelaksana Dana Moneter Internasional, Kristalina Georgieva, berbicara di Washington pada Jumat, 17 Januari 2020.* /Jim Watson / AFP

PIKIRAN RAKYAT - International Monetary Fund (IMF) memprediksi ekonomi dunia akan kembali membaik atau Rebound di tahun 2020 setelah satu dekade terakhir merosot lantaran pasar global yang lesu bahkan sempat resesi hebat.

Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva menyebut pertumbuhan global diperkirakan akan mencapai 3,3 persen, naik dari 2,9 persen tahun lalu. Tahun lalu merupakan tahun terburuk bagi ekonomi dunia sejak resesi hebat.

IMF optimis lantaran di awal tahun ini ekonomi dunia disambut dengan kesepakatan perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Baca Juga: Akhirnya Pangeran Harry Kembali Berkumpul dengan Meghan dan Archie di Kanada setelah Perjalanan Panjangnya yang Rumit

Selain itu, stimulus 49 bank sentral di dunia, salah satunya bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve yang menurunkan suku bunga dalam beberapa bulan terakhir.

loading...

Demikian disampaikan Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva dalam sebuah forum World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss sebagaimana dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari The Washington Post pada Rabu, 22 Januari 2020.

"(Perang dagang AS-Tiongkok) kabar baik," kata Kristalina Georgieva.

Namun Georgieva mengingatkan ancaman global masih bisa memperburuk kondisi ekonomi global, misalnya tentang Trump yang akan meluncurkan perang dagang dengan Eropa atau gejolak militer di Timur Tengah.

Baca Juga: Perdebatan Donald Trump dengan Aktivis Iklim Davos 2020 di Tengah Pembahasan Pemakzulannya

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: The Washington Post

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X