Rabu, 26 Februari 2020

Tidak Semua Warung yang Punya EDC Bisa Jadi E-Warong

- 20 Januari 2020, 14:57 WIB
Mesin EDC.* /YULISTYNE KASUMANINGRUM/PR

PIKIRAN RAKYAT – Tidak semua warung atau bahkan agen bank maupun pulsa yang memiliki mesin EDC itu merupakan E-Warong (elektronik warung gotong royong).

E-Warong merupakan warung yang sudah bekerja sama dengan bank yang ditunjuk pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial pangan yang saat ini disebut Program Sembako senilai Rp 150.000 per bulan.

Kepala Bidang Penangan Fakir Miskin Dinsos Provinsi Jabar, Marwini menjelaskan, ada beberapa tahapan untuk mendirikan E-Warong. 

Baca Juga: Untuk Para Ibu Muda, Berikut 6 Tips Sederhana agar Membuat Bayi Anda Tertidur Sendiri

Setelah mengetahui jumlah KPM di masing-masing desa/kelurahan dari Kementerian Sosial, Bank penyalur bersama Pemerintah Kabupaten/Kota dan Tenaga Pelaksana Bansos Pangan di daerah mengidentifikasi agen bank atau pedagang untuk dapat menjadi e-Warong.

Penetapan e-Warong sepenuhnya merupakan wewenang Bank Penyalur dengan mempertimbangkan beberapa kriteria.

Adapun kriterianya, yaitu memiliki kemampuan, reputasi, kredibilitas, dan integritas di wilayah operasionalnya yang dibuktikan dengan lulus proses uji tuntas (due diligence) sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang dimiliki oleh Bank Penyalur.

Baca Juga: Toko Pupuk dan Warung Nasi di Majalengka Hancur Tergerus Air Sungai Cijurey

Yang kedua, memiliki sumber penghasilan utama yang berasal dari kegiatan usaha yang sedang berjalan dengan lokasi usaha tetap dan/atau kegiatan tetap lainnya.

Ketiga, menjual bahan pangan sesuai harga pasar, keempat memiliki pemasok yang memenuhi kriteria.

"Kriteria pemasok itu dapat diandalkan untuk menyediakan produk bahan pangan yang secara konsisten berkualitas dengan harga yang kompetitif kepada e-Warong. Dapat memastikan ketersediaan bahan pangan secara berkelanjutan kepada e-Warong. Warong dapat bekerjasama dengan pihak ketiga untuk memastikan harga, kualitas dan jumlah pasokan bahan pangan terjamin serta memenuhi prinsip program," kata dia, Senin, 20 Januari 2020.

Baca Juga: Gelar Demonstrasi di Senayan, Buruh Sebut DPR RI Dibohongi Soal BPJS Kesehatan

Kriteria e-Warong yang kelima,dapat melayani KPM dan non-KPM dengan menggunakan infrastruktur perbankan.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X