Limbah Popok Bayi Dapat Menjadi Batako dan Minyak Tanah

- 17 Januari 2020, 08:20 WIB
AKTIVITAS pekerja mengolah limbah popok di Guna Olah Limbah Lab, Jalan Wangsa Niaga Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis, 16 Januari 2020. Limbah tersebut diolah menjadi batu bata dan minyak bakar sebagai pengganti minyak tanah. * /ARMIN ABDUL JABBAR/PR

PIKIRAN RAKYAT - Pelaku usaha tanah air terus berupaya mendaur ulang sampah popok yang selama ini menjadi salah satu penyumbang masalah lingkungan, menjadi bahan bakar alternatif.

Salah satunya PT Softex Indonesia sebagai produsen popok sweety yang melalui berkomitmen mendaur ulang popok bayi bekas pakai menjadi barang bernilai ekonomis seperti pokbrick (batu bata dari bahan popok bekas), minyak tanah, pupuk, dan berbagai kerajinan tangan lainnya seperti asbak. 

Pengolahan popok bayi bekas dilakukan dengan menggunakan mesin hidrotermal. 

Baca Juga: Anggap Hukuman Reynhard Sinaga Terlalu Ringan, Jaksa Agung Inggris Ajukan Banding

Mesin ini ramah lingkungan karena tanpa metode pembakaran di mana popok bekas diproses menjadi fiber dan plastiK terlebih dulu. 

Fiber kemudian diolah menjadi pokbrick sementara plastic diolah ladi di mesin pyrolysis menjadi minyak bakar.

CEO Guna Olah Limbah (GOL) Archie Satya Nugroho yang juga salah seorang penemu mesin mengatakan penemuan mesin tersebut terjadi secara tidak sengaja. 

Baca Juga: Masih Bertahan di Halte Jalan Pajajaran, Disabilitas Eks Wyata Guna Hanya Minta 3 Hal

Saat itu, dia melihat limbah popok yang begitu banyak di tempat pembuangan sampah. Sekitar 60-70% sampah d itempat tersebut merupakan popok bekas yang umumnya masih mengandung air yang cukup banyak 

Menariknya, lahan di tempat pembuangan sampah dimana banyak popok bekas ditemukan kondisinya berubah menjadi subur dari sebelumnya gersang. Dari hal itu, kemudian ia bersama rekannya melakukan kajian.  

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X