Minggu, 29 Maret 2020

Bukan Cuma Pertamina, Shell dan Total Juga Turunkan Harga BBM

- 5 Januari 2020, 16:12 WIB
ILUSTRASI pengisian bahan bakar minyak. Selain Pertamina, Total dan Shell juga turunkan BBM.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum jenis bensin dan solar di awal tahun 2020. Harga tersebut berlaku di seluruh Indonesia mulai pujul 00.00, Minggu 5 Januari 2020 waktu setempat.

Penyesuaian harga tersebut dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

“Penyesuaian harga BBM Umum merupakan aksi korporasi yang mengacu pada ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah. Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik, terutama pelanggan setia produk-produk unggulan Pertamina,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman melalui siaran persnya Sabtu malam, 4 Januari 2020.

Penyesuaian harga yang dimaksud adalah untuk jenis BBM Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite. Harga baru yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

Baca Juga: Hingga Waktu yang Belum Ditentukan, Nadiem Makarim Bolehkan Sekolah Terdampak Banjir Liburkan Aktivitas

loading...

Untuk wilayah Jakarta, penyesuaian tersebut adalah Pertamax dari harga semula Rp 9.850 menjadi Rp 9.200 per liter. Pertamax Turbo mengalami penyesuaian dari harga semula Rp 11.200 menjadi Rp 9.900 per liter. Pertamina Dex mengalami penyesuaian dari harga semula Rp 11.700 menjadi Rp 10.200 per liter. Dexlite mengalami penyesuaian dari harga semula Rp 10.200 menjadi Rp 9.500 per liter.

"Adanya penyesuaian harga ini, diharapkan dapat meningkatkan loyalitas masyarakat yang sudah menjadi pelanggan setia produk Pertamina. Sekaligus sebagai upaya perusahaan untuk mengajak masyarakat menggunakan produk-produk BBM berkualitas," ujarnya.

Baca Juga: Selain Bolehkan Libur, Nadiem Makarim Beri Tunjangan Khusus untuk Guru Terdampak Banjir

Sementara itu perusahaan swasta asing yang beroperasi di Indonesia seperti Total dan Shell, sudah lebih dulu menurunkan harga BBM-nya. Penurunan harga terjadi di awal tahun 2020.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X